Bupati Sampang Mulai Persiapkan Teknis Kepulangan Pengungsi Syiah ke Kampung Halamannya

  • Whatsapp
Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi

Kabarmadura.id | Sampang; Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang akan memulangkan pengungsi mantan pengikut Syi’ah dari Rumah Susun (Rusun) Jemundo Sidoarjo. Namun, sampai saat ini masih menunggu jadwal dari gubernur Jawa Timur.

Sudah ada beberapa opsi teknis pemulangan mereka. Salah satunya dengan penjemputan yang dilakukan oleh keluarga masing-masing.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi mengaku sudah berkoordinasi sejak beberapa waktu lalu. Namun, belum ada jadwal dari gubernur Jawa Timur. Sehingga belum diputuskan opsi teknis pemulangannys.

“Akan dipulangkan semua. Pemerintah propinsi berjanji jadwal pemulangan akan segera diberikan. Namun sampai saat ini masih belum, ” kata Bupati Sampang Slamet Junaidi, Jumat (14/1/2022).

Namun jika jadwal dari gubernur Jawa Timur terlalu lama, bupati dengan sapaan Haji Idi itu memastikan akan melakukan penjemputan sendiri.

Alasannya, situasi dan kondisi di Sampang adalah tanggung jawab Pemkab Sampang. Sehingga, meskipun penjemputan akan dilakukan dengan biaya sendiri, tetap akan dilakukan.

“Kami siap jika memang mantan pengungsi Syi’ah dipulangkan. Berbagai persiapan sudah dilakukan, ” kata Haji Idi mengenai kesiapannya menjemput warganya yang mengungsi sejak tahun 2012 itu.

Namun mantan anggota DPR RI itu juga menegaskan bahwa pemerintah propinsi akan melakukan pertemuan kembali dengan Pemkab Sampang. Namun, sampai saat ini belum juga dijadwalkan.

Sebagai pemerintah, pihaknya tidak tinggal diam dalam menyiapkan kedatagan mantan pengikut Syi’ah itu. Seperti
pembangunan rumah layak huni,  pendidikan untuk anak, termasuk pekerjaan untuk mereka. Pemerintah juga mengusulkan kepada Pemprov Jatim agar mereka mendapatkan subsidi dan bantuan setiap KK.

“Kalau tidak ada kendala lagi, Insyaallah pertengahan bulan ini (Januari 2022, red) mereka bisa pulang. Alhamdulillah, masyarakat setempat merespon baik, ” pungkasnya.

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *