Bupati Sampang Siapkan Layar Khusus Pelototi Setiap Disposisi Kepala OPD

  • Whatsapp
(FOTO: KM/DOKUMEN)

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Bupati Sampang Slamet Junaidi meminta setiap organisasi perangkat daerah (OPD) tidak hanya terfokus pada perencanaan program pembangunan yang tertuang di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Dia menekankan setiap kepala OPD wajib memiliki lima inovasi di setiap instansinya.

Hal tersebut sesuai dasar pengembangan inovasi perangkat daerah yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Serta PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Selain itu, juga berdasar Permendagri Nomor 104 Tahun 2018 tentang Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif inovasi Daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sampang Yuliadi Setiawan mengatakan, keputusan itu sudah disampaikan Bupati Sampang Slamet Junaidi. Sebelumnya, setiap OPD diminta memiliki satu inovasi. Tapi ditambah menjadi lima inovasi setiap tahun.

“Itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan dari semua sektor,” katanya.

Inovasi dinilai dalam rangka peningkatan kinerja pemerintah. Terutama pada OPD pelayanan. Dengan adanya inovasi ditargetkan akan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, pelayanan cepat dan tepat.

Yuliadi Setiawan menjelaskan, dengan adanya inovasi di setiap OPD, maka akan ada target yang harus dicapai. Sehingga, dipastikan inovasi terbaik akan terlaksana sebagai tolok ukur kesuksesan pemerintah. Khususnya dalam inovasi pelayanan.

Dia mengaku juga perlu ada inovasi. Pihaknya menginginkan, ada layar khusus yang mencatat jalannya surat yang didisposisi di setiap OPD. Sehingga, surat yang sudah didisposisi dan berada di setiap instansi diketahui keberadaannya.

“Karena terlalu banyak surat yang saya tandatangani, terkadang saya lupa. Jika ada surat yang lama mandek di dinas, maka akan diketahui. Ini sebagai bentuk pelayanan percepatan pelayanan kepada masyarakat dan tugas internal pemerintah,” ucapnya.

Ditambahkan, setiap inovasi harus disesuaikan dengan visi misi pemerintah. Sehingga, adanya inovasi dari semua OPD mendorong ketercapaian target pemerintah. (man/waw)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *