Bupati Sampang Sisir Warga Miskin hingga ke Pelosok Desa

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST FOR KM) PEDULI: Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama sejumlah OPD terkait melakukan penyisiran warga miskin dengan mendatangi langsung ke pelosok desa.

Kabarmadura.id/Sampang-Masyarakat Kabupaten Sampang yang hidup dalam garis kemiskinan terbilang masih cukup tinggi, utamanya di wilayah pelosok desa. Untuk itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi melakukan penyisiran, peninjauan dengan berkunjung langsung ke sejumlah rumah warga di pelosok desa di Kota Bahari untuk memberikan bantuan kepada warga kurang mampu.

Pada Rabu (27/05/20) malam, orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang bersama sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, meliputi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Dinsos, Dispendukcapil, DPRKP Sampang, serta jajaran forkopincam setempat dan pihak-pihak terkait lainnya. Kunjungan itu bertujuan untuk menyalurkan bantuan sembako dan uang tunai, serta melihat kondisi masyarakat dan ketersedian infrastruktur secara langsung.

Bacaan Lainnya

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengatakan, salah satu tujuan melakukan blusukan ke rumah-rumah warga, khusunya yang tergolong kurang mampu itu, yakni ingin mengetahui kondisi riil yang terjadi di masyarakat saat ini, baik dari aspek perekonomian masyarakat hingga ketersediaan infrastruktur di wilayah tersebut.

Kunjungan rombongan Bupati Sampang dan jajaran OPD terkait itu, dimulai dari Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal, dilanjutkan menuju Desa Tobai Barat dan Tobai Timur untuk silaturrahmi ke rumah sejumlah warga kurang mampu dan menyalurkan bantuan sembako dan uang tunai secara langsung kepada yang bersangkutan.

“Kami sengaja turun langsung ke pelosok desa mendatangi warga kami yang miskin, tentunya untuk mengetahui langsung kondisinya dan ketersedian infrastruktur di desa-desa. Tujuannya untuk dijadikan salah satu bahan pertimbangan dalam menyusun program kerja pada tahun berikutnya,” ucap H. Slamet Junaidi.

Mantan Anggota DPR RI dari Partai Nasdem itu mengungkapkan, akses jalan yang dilewati dalam melakukan kunjungan itu, sengaja memilih jalan yang kurang bagus, agar mengetahui langsung kondisi riil akses jalan di desa-desa di wilayah itu, sehingga nanti dapat diusulkan untuk perbaikan dan bisa diprioritaskan.

Lanjut dia, hingga kini masyarakat Kota Bahari, utamanya di wilayah pelosok desa masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Makanya, pihaknya mengajak dinas terkait agar nanti dalam membuat program lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga tidak asal ada program dan laporan selesai dilaksanakan.

“Kami tidak ingin program kerja hanya formalitas saja, harus bermanfaat kepada masyarakat, dan kami komitmen untuk menuntaskan kemiskinan ini, makanya program kerja harus tepat sasaran,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sampang Fadol menekankan, adanya sinergitas antara pemerintah kabupaten, kecamatan hingga desa. Bahkan pihaknya meminta pemerintah desa untuk lebih proaktif, mengingat peran Kepala desa sangat penting dalam melakukan penyisiran warga yang betul-betul kurang mampu dan diajukan mendapat bamtuan dari pemerintah baik pusat dan kabupaten.

Politisi PKB itu tidak menampik, manakala hingga saat ini masih banyak warga di Sampang yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Mirisnya sebagian dari mereka tidak tersentuh bantuan pemerintah. Untuk itu, upaya penyisiran dan pembaruan pendataan warga miskin sangatlah penting dilakukan  demi pemerataan penyaluran bantuan dan tepat sasaran, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Yang jelas, kami sangat menyambut baik kegiatan blusukan Bupati bersama OPD terkait ini, tapi harus diimbangi dengan sinergitas dan komitmen dari semua sektor pemerintah, jika sudah bersinergi, kami optimis kemiskinan di Sampang ini kedepannya dapat diminimalisir,” tandasnya. (sub/pin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *