oleh

Bupati Sampang Tekankan Kades Bangun Destinasi Wisata Desa

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menegaskan kepada kepala desa (kades), dan camat untuk menggali potensi-potensi desa. Sebab, dalam membentuk desa mandiri melalui pengelolaanm potensi desa, tentu harus ada kesadaran bersama. Desa mandiri yang dimaksud, membangun ekonomi kreatif dengan menjadikan desa destinasi wisata.

Hal itu diungkapkan pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sampang tahun 2022 di Kecamatan Camplong, Senin (15/2/2021).

Dalam kegiatan tersebut, tampak pula Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat, Sekdakab Sampang Yuliadi Setiawan, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), Forkopimcam Camplong, kepala desa dan tokoh agama serta tokoh masyarakat setempat.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka menjadikan desa wisata, tentu pemerintah desa dan kecamatan harus menggali potensi yang ada di desa. Salah satunya menjadikan desa wisata.

Dengan dijadikan desa wisata, imbuh Bupati Slamet, akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Bahkan akan membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat desa. Sebab, harus merekrut masyarakat dari desa itu sendiri.

“Desa wisata tetap harus diutamakan, karena dengan desa wisata, akan meningkatkan perekonomian. Jadi semuanya harus membantu untuk menggali potensi yang ada desa,” tuturnya, Senin (15/2/2021).

Bupati yang akrab disapa Haji Idi itu juga menyampaikan, untuk pengelolaan desa wisata, harus dari badan usaha milik desa (BUMDes). Sehingga nanti ketika desa wisata itu sudah terkelola, punya penghasilan tersendiri.

“Yang jelas, pengelolanya harus dari desa itu sendiri, tidak boleh orang luar,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Camplong Musaffak mengatakan, atas dasar instruksi bupati Sampang, akan terus menjadikan Camplong ini sebagai desa wisata. Dan ke depan akan ada tiga desa yang direncanakan jadi desa wisata.

“Di Camplong ini jika dijadikan desa wisata sangat bagus, jadi kami akam terus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat, dan pengelolanya itu BUMDes,” pungkasnya. (mal/waw)

 

Komentar

News Feed