oleh

Bupati Sebut Angka Pengangguran Tinggi

Tiap Tahun Angka Pengangguran Terus Meningkat

Kabarmadura.id/Bangkalan-Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron mengakui, angka pengangguran di wilayahnya masih tinggi. Hal tersebut disampaikannya usai melakukan pembukaan job fair di Gedung Rato Ebuh, Selasa (8/10).

Tingginya angka pengangguran di Bangkalan kata pria yang akrab disapa Ra Latif ini, lantaran, lapangan pekerjaan tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang ada di wilayah setempat.

“Banyak, saking banyaknya saya lupa. Kita lihat sendiri, banyak sekali pengangguran dan pencari kerja disini,” ujarnya.

Selain mengadakan job fair, untuk mengatasi pengangguran di wilayahnya tersebut, Ra Latif mengaku, juga rutin melakukan pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja dan pelatihan usaha mikro kepada masyarakat usia produktif. Namun hal tersebut diakui masih belum bisa meminimalisir pengangguran yang ada di Bangkalan.

“Kita lihat sendiri, tiap tahun banyak pelajar atau mahasiswa yang lulus. Namun, kegiatan job fair juga belum tentu sesuai dengan kualifikasi mereka bahkan mengurangi. Tetapi kita mengusahakan untuk membuat lowongan dengan kualifikasi tingkat pendidikan yang sesuai dengan pencari kerja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dispernaker) Bangkalan Tamar Jaya mengungkapkan, untuk mengatasi tingkat pengangguran di Bangkalan, dirinya saat ini sedang membuka 700 lowongan kerja dari 32 perusahaan dari berbagai daerah. Tamar (sapaan akrabnya) menyampaikan, lowongan ini diperuntukan untuk lulusan SMA hingga Strata 1.

“Pengangguran tiap tahun bertambah, pencari kerja juga setiap tahunnya naik, saat ini angka pengangguran di Bangkalan mencapai 24 persen lah. Sedangkan, penyedia lapangan kerja di Bangkalan kita hanya mampu menyediakan jumlah tersebut. Semoga pengangguran dapat dikurangi,” ucapnya.

Perlu diketahui,  pada 2017, jumlah pengangguran terbuka mencapai 21.646 orang atau sekitar 2,58 persen dari jumlah penduduk di Bangkalan. Sedangkan pada 2018, pengangguran terbuka naik menjadi 25.953 orang. Jika dipersentasekan, hasilnya 3,05 persen.

Sementara itu, pada 2018, jumlah pencari kerja yang terdata di Disperinaker Bangkalan sebanyak 1.230 orang. Mereka terdiri atas 604 laki-laki dan 626 perempuan. (ina/pin) 

 

Komentar

News Feed