oleh

Bupati Sumenep Sampaikan Pentingnya Peran Wartawan

Kabarmadura.id/Sumenep-Bupati Sumenep A Busyro Karim, bersama Persaruan Wartawan Indonesia (PWI) Sumenep merayakan resepsi Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 PWI.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel de Bagrhaf, Selasa (11/2), juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) itu, Bupati Sumenep A Busyro Karim menyampaikan tentang profesi wartawan yang dibutuhkan oleh pemerintah dan masyarakat.

Mantan ketua DPRD Sumenep dua periode tersebut juga tidak lupa menyampaikan selamat HPN dan HUT ke-74 PWI. Kemudian prosesi resepsi dilakukan dengan pemotongan tumpeng.

“Selamat HPN tahun 2020 dan HUT PWI yang ke-74 tahun,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, bupati dua periode itu juga menyampaikan, jika profesi adalah pekerjaan yang mulia. Bahkan, wartawan juga disebutkan di dalam surat di Alquran, yakni surat Annaba’ yang artinya pembawa berita.

“Wartawan itu profesi yang mulia. Apalagi saat ini, tulisan-tulisan berupa karya jurnalistik dari seorang wartawan itu sangat dibutuhkan,” tutur politisi PKB tersebut.

Selain itu, wartawan dinilai mempunyai peranan penting untuk membangun bangsa dan negara. Sehingga tidak salah, bahwa pers menjadi pilar keempat di dalam sebuah demokrasi.

Untuk itu, profesi wartawan harus dihormati. Namun demikian, lanjutnya, tinggal bagaimana karya jurnalistik dari seorang wartawan dilakukan dengan benar dan baik atau profesional.

“Berita itu dari orang yang benar, diolah dengan benar, dan disampaikan dengan benar. Jangan sampai, berita itu dari orang benar, kemudian diolah dengan tidak benar sehingga dengan tidak benar pula,” tuturnya.

Oleh karenanya, khususnya Pemkab Sumenep tidak anti terhadap kritik. Jika wartawan membutuhkan narasumber untuk menulis sebuah informasi, kemudian ada jajarannya, baik OPD dan lain sebagainya yang sulit dihubungi wartawan, maka dirinya langsung menghubungi OPD bersangkutan.

Sementara itu, Ketua PWI Sumenep Roni Hartono menyampaikan, resepsi HPN dan HUT PWI secara rutin dilakukan oleh PWI Sumenep. Selain sebagai peringatan HPN, juga dalam rangka untuk merayakan hari lahirnya PWI yang memang bersamaan dengan HPN, yakni tanggal 9 Februari.

Selain merayakan, momentum HPN dan HUT PWI sebagai sebagai ajang berbenah diri, khususnya bagi anggota PWI Sumenep untuk menyajikan berita yang mencerdaskan dan profesional.

“Bagi kami, baik HPN maupun HUT PWI bukan sesuatu hal yang asing. Karena secara rutin kami lakukan setiap tahunnya. Terpenting bagi kami, ini sebagai bahan untuk berbenah diri dan terus memperbaiki diri dalam hal menyajikan berita,” ungkapnya. (ong/waw)

Komentar

News Feed