Bupati Sumenep: Tekankan Merdeka dari Kemiskinan dan Radikalisme

  • Whatsapp
SAKRAL: Suasana upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Pemkab Sumenep.

Kabarmadura.id/SUMENEP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menyemarakkan hari ulang tahun kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia dengan upacara bendera, pembacaan teks proklamasi. Kegiatan di halaman Pemkab Sumenep itu, sebelumnya juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba.

Bupati Sumenep A. Busyro Karim menjadi inspekstur upacara di hari kemerdakaan itu. Bupati berharap, Indonesia harus merdeka dari segala bentuk keterjajahan, terutama paham-paham radikalisme yang akhir-akhir ini mencoba merongrong keutuhan NKRI dengan ideologi-ideologinya yang anti Pancasila.

“Kita harus berusaha bagaimana meminimalisir kemiskinan dan kebodohan, kami menginginkan, selain ideologi, juga pembangunan dari semua sisi. Oke, merdeka!,” ungkapnya dengan semangat, Sabtu (17/8).

Dalam upacara HUT RI tersebut, terdapat 73 pemuda putra daerah bertugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dijaring dari SMA/SMK/MA di Sumenep. Para paskibraka tersebut dikukuhkan pada tanggal 15 Agustus 2019 dan akan dibubarkan pada 23 Agustus 2019.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Muhammad Iksan mengungkapkan, para pemuda-pemudi itu dilatih selama empat bulan, sejak April 2019.

Mereka dilatih oleh petugas dari Kepolisian Resor (Polres) Pamekasan dan Tentara Negara Indonesia (TNI), serta purna paskibraka tahun sebelumnya. Prosesi pengibaran berdera berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah, support dari teman-teman, bupati, alhamdulillah semuanya berjalan lancar, tidak ada kendala,” ungkap Iksan, Minggu (18/8).

Iksan berharap, ke depan, para pemuda lebih semangat dalam mengabdikan diri kepada nusa dan bangsa. Untuk Paskibraka sendiri, ia berharap tahun depan ada perwakilan Sumenep ke tingkat nasional, saat ini ada dua putra Sumenep yang mewakili ke tingkat provinsi. (mad/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *