oleh

Buta Regulasi, Pelaksanaan ADK di Sampang Berpolemik dengan Warga

Kabarmadura.id/Sampang-Meski sudah melewati tahun anggaran 2019, realisasi program fisik yang bersumber dari Alokasi Dana Kelurahan (ADK) di Kabupaten Sampang, belum sepenuhnya tuntas. Bahkan, pelaksanaan ADK sempat mendapat protes dari warga.

Salah satu pengerjaan proyek fisik bersumber dari ADK yang ditolak oleh warga, yakni pembangunan saluran di Perumahan Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang. Kegiatan pembangunan saluran itu menelan anggaran sebesar Rp186 juta.

Ketua RT 08, RW IX Perumahan Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar Muni mengungkapkan, pengerjaan saluran yang bersumber dari ADK di wilayahnya itu, sempat mendapat protes dari warga setempat, lantaran kualitas tutup saluran ada yang jelek dan banyak yang retak.

Atas kondisi tersebut, kata Muni, sejumlah warga meminta kepada pelaksana proyek, agar tutup saluran yang retak diganti dengan tutup yang baru dengan kualitas yang lebih bagus.

“Protes dari warga ini sudah dituangkan dalam berita acara terkait kesanggupan dari pihak pelaksana untuk mengerjakannya. Tetapi, hingga kini tak kunjung dikerjakan,” ungkapnya, Selasa (7/1/2020).

Muni bersama warga yang lain, mendesak pihak pelaksana untuk segera memperbaiki dan mengganti tutup saluran yang retak tersebut. Dirinya membeberkan, di RT 08 Kelurahan Gunung Sekar itu, sejatinya ada sebanyak tiga blok yang dikerjakan, meliputi blok G, H, dan I.

“Sebenarnya, material seperti kerikil dan semennya, hingga kini masih berada di jalan dan mengganggu warga saat hendak melintas di lokasi itu. Maka kami harap pelaksana segera memperbaiki,” Bebernya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setkab Sampang Agus Suryantono mengaku, pihaknya masih belum memahami secara detail terkait ADK itu. Pihaknya berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan pemerintah yang lebih tinggi.

“Terus terang kami masih belum memahami terkait ADK ini, baik secara regulasi termasuk pelaksanaan. Kami akan melakukan koordinasi dengan lurah dan pejabat terkait,” singkatnya. (sub/pin)

 

Komentar

News Feed