Butuh 81 Pengawas, Bawaslu Sumenep Pelajari Juknis Rekrutmen Panwascam


Butuh 81 Pengawas, Bawaslu Sumenep Pelajari Juknis Rekrutmen Panwascam
(KM/IMAM MAHDI) MENUNGGU: Juknis rekrutmen panwascam 2022 sudah turun ke Bawaslu Sumenep.

KABARMADURA.ID | SUMENEP -Rekrutmen panitia pemilihan pengawas kecamatan (panwascam) mulai ada titik terang. Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumenep sudah menerima petunjuk teknis (juknis) tentang rekrutmen anggota panwascam tersebut.

Ketua Bawaslu Sumenep Anwar Noris mengatakan, junkis rekrutmen panwascam sudah turun. Namun saat ini masih belum dibuka pendaftarannya. Pihaknya masih melakukan tahap sosialisasi terkait rekrutmen tersebut.

"Nunggu informasi selanjutnya dari Bawaslu Sumenep ya, saat ini masih akan dirapatkan karena perintahnya masih baru turun. ya secepatnya, ini kami sedang rapat," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Noris itu menegaskan, pada prinsipnya pendaftaran panwascam ini terbuka untuk umum. Sehingga semua masyarakat memiliki kesempatan yang sama.

“Kami menginginkan tidak ada perpanjangan pendaftaran seperti tahun sebelumnya ya," tuturnya.

Sementara itu, Kordiv Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Sumenep Hosnan Hermawan menambahkan, juknis masih dalam tahap sosialisasi. Pihaknya menyarankan agar mempersiapkan persyaratan bagi yang berkenan menjadi panwascam.

"Kalau sudah selesai, maka akan melangkah pada tahapan selanjutnya," tukas dia.

Diketahui, berdasarkan data juknis pada tahapan perekrutan panwascam di Bawaslu Sumenep yakni, pada 10-21 September akan dilakukan sosialisasi, pada 15-21 September pengumuman pendaftaran calon anggota panwascam, serta pada 28-30 September akan dilakukan penelitian kelangkaan berkas pendaftaran, dan terakhir pada 1-3 November 2022 penyerahan laporan akhir ke Bawaslu Provinsi Jawa Timur.

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Mohammad Khairul Umam