oleh

Cabdindik Berdalih Penentuan Penerima Kewenangan Kemendikbud

KABARMADURA.ID, Pamekasan – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Indonesia, mengucurkan anggaran Rp1,2 miliar untuk bantuan operasional sekolah (BOS) kinerja dan afirmasi tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Kabupaten Pamekasan.

Saat ini, anggaran itu hanya terfokus kepada 21 lembaga pendidikan. Padahal jumlah lembaga SMA sederajat di Pamekasan ada  289. Rinciannya SMA negeri 11 lembaga, SMA swasta 180 lembaga, SMK negeri 7 lembaga dan SMK swasta 91 lembaga.

Menurut  Kepala Sub Bagian (Kasubag) Tata Usaha (TU) Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jawa Timur (Jatim) Pamekasan Agus Mulyono, penerima BOS kinerja terdiri dari 10 SMA swasta, 10 SMK swasta. Sedangkan untuk BOS afirmasi ada 1 lembaga swasta.

“Untuk BOS kinerja dan afirmasi masing-masing sebesar Rp60 juta,” ungkapnya, Kamis (1/10/2020).

Dirinya  menjelaskan, untuk lembaga penerima ditentukan langsung oleh pemerintah pusat, sehingga pihaknya hanya memfasilitasi untuk suksesi program yang dimaksud, agar  penggunaannya bisa sesuai dengan peruntukannya.

Dalam kategori penentuanya, pemerintah pusat berdasar pada data pokok  pendidikan (dapodik) dari setiap lembaga yang memperoleh, sehingga untuk realisasinya sudah sangat pasti berdasarkan data yang akurat serta tidak menyasar kepada program yang sudah didanai dari BOS reguler.

“Penganggarannya tidak boleh tumpang tindih dengan BOS reguler yang diterima oleh masing-masing lembaga,” pungkasnya. (rul/pin)

 

Komentar

News Feed