Cabup Fauzi Akan Integrasikan Kawasan Pariwisata Sumenep

  • Bagikan
(FOTO: Fauzi for KM) TARGET: Cabup nomor urut 1 Achmad Fauzi merancang untuk menggiatkan ekonomi masyarakat.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Calon bupati (babup) Sumenep nomor urut 1 di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep Achmad Fauzi memiliki ancang-ancang mewujudkan kawasan wisata Madura atau Visit Madura, serta pengembangan ekonomi kreatif.

Target tersebut setelah ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sumenep ini melihat begitu melimpahnya potensi di kabupaten dengan sebutan Kota Keris itu.

Ketika itu bisa diwujudkan, Fauzi memandang geliat perekonomian masyarakat Sumenep  akan tumbuh dan berkembang secara sendirinya.

Berpasangan dengan Nyai Dewi Khalifa, pasangan calon (paslon) dengan tagline Sumenep Melayani ini tidak sebatas menargetkan wisatawan lokal, namun juga mancanegara.

“Dengan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang sebaik-baiknya, diharapkan ke depan mampu menarik wisatawan dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Sumenep,” ungkapnya.

Guna mewujudkan itu, Fauzi mengupayakan potensi wisata Sumenep ke depan, di antaranya mengintegrasikan kawasan pariwisata di Madura, meningkatkan sarana dan prasarana destinasi pariwisata, serta meningkatkan kapasitas para pengelola wisata.

“Perlu ada penguatan jaringan, baik di dalam maupun luar negeri, untuk pengembangan wisata di Sumenep, dan sistem perijinan terpadu pengembangan wisata,” imbuh Fauzi.

Berbeda dengan pengembangan ekonomi kreatif, petahana yang masih menjabat wakil bupati Sumemep ini akan mengembangan secara maksimal industri kecil, kerajinan rumah tangga, inovasi hasil pertanian dan kelautan.

Dia akan memaksimalkan wisata kuliner di Sumenep melaui pemberdayaan pedagang kaki lima (PKL) dan mendorong wisata berbasis komunitas melalui program pengelola destinasi pariwisata. Hal itu akan dilakukan melalui badan usaha milik desa (BUMDes), swasta atau kelompok masyarakat.

“Peningkatan event skala nasional dan internasional melalui penampilan potensi seni budaya lokal yang ditunjang dengan promosi yang kuat dengan melibatkan travel agent dan stakeholders lainnya,” tutup Fauzi. (idy/waw)

Baca juga  Pembebasan Napi Anak Tunggu Perintah Langsung Kementerian
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan