oleh

Cagar Budaya yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Demi menemukan dan merawat cagar budaya, sebagai tempat istimewa di Sumenep, Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep membentuk tim ahli cagar budaya (TACB), dan aspirasi dari masyarakat untuk pengajuannya.

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disparbudpora Sumenep Robi Firmansyah menyampaikan, tahun ini dipastikan tidak ada penambahan cagar budaya lantara tidak ada pengajuan baik dari tim dan elemen masyarakat itu sendiri.

“Kami biasanya menunggu dulu dari masyarakat, kalau tidak bisa seperti tidak bisa direncanakan, makanya dipastikan tahun ini tidak ada penambahan target yang akan dikaji,” katanya, Senin (15/3/2021).

Robi juga mengatakan, meski sudah ada beberapa tempat yang mendapatkan surat keputusan (SK) dari bupati, dan ditetapkan sebagai cagar budaya, maka tahun ini masih dibiarkan tanpa perawatan. Apalagi untuk menetapkan itu menurutnya bukan persoalan yang mudah.

“Butuh kajian, butuh literasi dari berbagai sumber, agar menemukan kevalidan, tidak hanya asal-asalan, maka dari itu memang ada tim teknisnya. Tapi untuk perawatannya memang masih belum juga,” imbuh dia.

Dia menyebutkan ada sekitar 6 cagar budaya yang direkomendasikan dan mendapatkan persetujuan dari bupati, di antaranya Komplek Keraton Sumenep, Masjid Jami’ Sumenep, dan Benteng Kalimo’ok Kalianget.

Sementara sisanya ditetapkan tahun 2020 ini, yaitu Asta Pangeran Lor dan Wetan, Asta Panembahan Blingi Sapudi, dan kawasan Kota Tua Kalianget. Rekomendasi tersebut berdasarkan pengkajian kevalidan dari referensi literatur yang memang jelas.

“Tahun ini intinya kami tidak ke situs-situs atau cagar budaya, memang penting tapi termasuk pengelolaan tindak lanjut seperti Benteng Kalimook masih tidak terpikirkan sampai saat ini,” pungkasnya. (ara/mam)

-Komplek Keraton Sumenep Ditetapkan 28 April 2017
-Masjid Jamik Sumenep Ditetapkan 31 Mei 2018
-Benteng Kalimo’ok Kalianget Ditetapkan 02 Juli 2018
-Asta Pangeran Lor dan Wetan 05 Maret 2020
-Asta Panembahan Blingi Sapudi 30 Maret 2020
-Kawasan Kota Tua Kalianget 2 Juli 2020

Komentar

News Feed