Capaian Vaksinasi 35 Persen, Pilkades di Sumenep Diputuskan Bisa Digelar

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) FINAL: Jadwal pilkades serentak di Sumenep bakal dilaksanakan pada 25 November 2021 setelah mendapat restu dari Kemendagri.

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Setelah ditunda berkali-kali dan capaian vaksinasi masih 35 persen., namun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep memutuskan mengeluarkan jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

Kepastian pelaksanaan pilkades serentak di 84 desa itu,  dijadwalkan pada  25 November 2021. Kepastian itu sudah diumumkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Sumenep Nomor 188/437/KEP/435.013/2021 tentang Hari Pemungutan Suara Pilkades Serentak 2021.

Kepala DPMD Sumenep M Ramli menyampaikan, SK bupati itu berdasarkan pemberitahuan dan koordinasi secara tertulis dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sehingga puncaknya sudah ada kepastian.

“Secara tertulis juga diberi balasan dari Kemendagri bahwa Sumenep sudah boleh melanjutkan tahapan pilkades. Ada dua opsi tanggal, yakni 11 dan 25 November, akhirnya diambil tanggal 25 November,” ungkap Ramli, Selasa (26/10/2021).

Dalam pelaksanaan pilkades serentak nanti, penerapan protokol kesehatan (prokes) tetap diwajibkan. Namun, untuk rekomendasi, yang terpenting Sumenep tidak masuk PPKM level 4, pilkades serentak tetap bisa dilaksanakan.

Mantan kepala Dinas Sosial Sumenep itu juga menjelaskan, tahun ini terdapat 5 desa yang akan menggelar pilkades pemilihan antar waktu (PAW). Sementara untuk jadwalnya disesuaikan dengan masing-masing desa. Artinya sudah bisa dilaksanakan.

“Kalau PAW sudah bisa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya mengenai jadwal pilkades PAW.

Sementara itu, Sekretaris II Satgas Covid-19 Sumenep Abd Rahman Readi menyampaikan, targetnya  tetap harus sampai 50 persen penduduk Sumenep divaksin. Sebab, dengan capaian itu, Sumenep sudah bisa masuk ke PPKM level 2. Sehingga upaya percepatan vaksinasi harus terus digalakkan.

“Insyaallah akan tercapai dalam waktu satu bulan ke depan, saat ini sudah 35 persen. Ya mudah mudahan, kami setiap hari selalu ekstra kerja keras dalam pencapaian vaksinasi,” papar dia.

Reporter: Moh Razin

Redaktur: Wawan A. Husna

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *