Capaian Vaksinasi Booster di Pamekasan Hanya 1,15 Persen

(KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) CAPAIAN RENDAH: Banyak warga Pameaksan yang masih belum mengikuti vaksinasi booster.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan telah membuka vaksinasi dosis III atau booster untuk masyarakat umum pertengahan Februari lalu. Namun, hingga saat ini capaiannya masih 1,15 persen. Salah satu kendalanya yaitu banyak warga belum menyadari pentingnya vaksinasi dalam membentuk daya tahan tubuh.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pamekasan Hidayat mengatakan, awalnya pelaksanaan vaksinasi dosis III untuk masyarakat umum dilarang pada Januari 2022, sebab secara regulasi belum diperbolehkan.

“Pada Februari, yang awalnya melihat capaian vaksinasi 70 persen dari total penduduk, sekarang tidak lagi melihat capaian itu. Jadi semuanya sudah bisa divaksin booster,” paparnya, Selasa (8/3/2022).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, untuk vaksinasi dosis I untuk masyarakat umum sudah mencapai 65,95 persen, untuk dosis II 25,26 persen, sedangkan untuk vaksinasi dosis III sebanyak 1,15 persen.

“Untuk vaksinasi dosis III memang masih sedikit. Sebab capaian vaksin primernya masih belum banyak, jadi hal itu masih sangat mempengaruhi,” ulasnya.

Hidayat menambahkan, untuk untuk capaian vaksinasi dosis I ditargetkan dalam minggu ini sudah 70 persen dari total penduduk di Pamekasan. Ia berharap seluruh warga segera melakukan vaksinasi untuk menurunkan level  pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang masih level 3.

“Saat ini untuk dosis pertama sudah tidak menjadi indikator PPKM. Sekarang vaksinasi dosis II yang menjadi indikator,” urainya.

Reporter:  Khoyrul Umam Syarif

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.