Capaian Vaksinasi Pelajar di Sumenep Belum Penuhi Target, Izin Orangtua Jadi Kendala

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) BELUM PENUHI TARGET: Capaian vaksinasi untuk pelajar sekolah di Sumenep sangat rendah. Izin orangtua menjadi salah satu penyebabnya. 

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Pelaksanaan vaksinasi di tingkat SMA/SMK/SLB dinilai belum maksimal. Salah satu pemicunya, sebagian orangtua belum mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti vaksinasi. Bahkan, orangtua siswa tersebut mengancam akan memindahkan anak-anaknya ke sekolah lain.

Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep Syamsul Arifin mengatakan, capaian vaksinasi rendah berdampak pada pembelajaran tatap muka (PTM) yang masih stagnan, yaitu 50 persen kehadiran siswa.

“Upaya Cabdin sudah maksimal dalam pelaksanaan vaksin bagi siswa. Tetapi, belum adanya izin dari  membuat bingung,” katanya, Selasa (23/11/2021)

Syamsul (sapaan akrabnya) mengungkapkan, lebih banyak siswa sekolah swasata yang tidak mengikuti vaksinasi dibandingkan sekolah negeri. Rata-rata yang menjadi kendala yaitu izin orangtua siswa.

Ia menargetkan vaksinasi Covid-19 di kalangan pelajar Sumenep akan diusahakan tuntas pada akhir Oktober atau awal November 2021. Namun, realitasnya sampai saat ini capaiannya masih rendah. “Dukungan semua pihak juga perlu,” ucapnya.

Selain itu, ia juga menuturkan, alasan orangtua siswa yang ragu dan tidak setuju vaksinasi untuk anak-anaknya yaitu terpengaruh berita hoaks, bahwa vaksin menyebabkan kematian. “Hal ini sudah diluruskan. Namun, masih saja tidak percaya,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep Kusmawati mengatakan, capaian vaksinasi masih belum seratus persen. Sebab, masyarakat sangat takut pada vaksin. Utamanya, para siswa yang ada di lembaga swasta.

Vaksinasi Jenjang SMA dan Sederajat

SMA NEGERI & SWASTA

– Total Siswa: 14.125

– Vaksin ke-1: 5.185 (36,70%)

– Vaksin ke-2: 2.386 (16,89%)

*SMK NEGERI & SWASTA

– Total Siswa: 6.942

– Vaksin ke-1: 1.868 (26,90%)

– Vaksin ke-2: 994 (14,31%)

*SLB NEGERI & SWASTA

– Total Siswa: 208

– Vaksin ke-1: 9 (4,32%)

– Vaksin ke-2: 6 (2,88%)

Sumber Data:  Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sumenep

Reporter: Imam Mahdi

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *