oleh

Cara DRT Ngabuburit, Berbagi Kebahagiaan kepada Sesama

KABARMADURA.ID, SUMENEP- Menilik aktivitas komunitas The Big Family  Doa Reng Toa (DRT) di bulan Ramadan. Komunitas yang menggeluti dunia otomotif dan wadah penggemar burung itu, melakukan giat peduli sosial di Pondok Pesantren Tholabuddin Usymuni Jalan Wiraraja Nomor B-5 Perumahan BTN Arya Wiraraja Dusun Manggaling Desa Kolor Sumenep. Minggu, (2/5/2021).

Ketua DRT Syaiful Rahman Wahid menyampaikan, kegiatan berbagi dengan masyarakat dan sejumlah lembaga pendidikan atau pesantren merupakan kegiatan rutin, sehingga di tengah kegemaran otomotif dan pecinta beraneka ragam burung mempunyai nilai manfaat kepada sesama.

Menurutnya, filosofi nama Doa Reng Toa (Doa Orang Tua) wujud implementasi dari nama sakral tersebut atau barometernya adalah semakin luas bermanfaat kepada orang lain. Termasuk salah satu tujuan dibentuknya wadah tersebut untuk membangun jaringan di lintas daerah, bahkan di luar Madura.

“Ini merupakan serangkaian kegiatan kami, tidak banyak yang kami harapkan kecuali keberkahan dan luas umat mendapat manfaat kominitas ini,” kata Syaiful. Minggu (2/5/2021).

Dia juga berharap, komunitas DRT akan terus maju, dan tetap menjaga solidaritas, apalagi untuk kegiatan sosial harus tanpa didasari kepentingan apapun. Artinya wadah DRT benar-benar menjalin kekeluargaan.

Pembina DRT Syafwan Wahyudi menambahkan, setiap pertemuan rutinan pasti menyisihkan kas atau dana patungan, sehingga ketika melakukan aksi sosial seperti saat ini tanpa menggunakan atau bersumber dari dana di luar komunitas.

Selain itu, DRT juga menampung generasi muda untuk mempunyai kreativitas dan kemampuan dalam dunia otomotif, misalnya balapan, skill dilatih dan dicarikan turnamen yang berlegalitas jelas, sehingga jika berprestasi hasilnya jelas pula.

“Ini murni patungan, ya sumbangan antar anggota, kami saat ini ngasih beras dan uang. Itu hasil dari kas juga,” papar Udik, sapaan akrabnya. (ara/mam)

Komentar

News Feed