Catatan F-PKS terhadap Lima Program Prioritas Bupati Pamekasan


Catatan F-PKS terhadap Lima Program Prioritas Bupati Pamekasan
(KM/PKS FOR KM) DIEVALUASI: Ketua Fraksi PKS DPRD Pamekasan Suryono mendorong Pemkab Pamekasan lebih fokus dalam mengawal realisasi program prioritas agar lebih berdampak kepada masyarakat. 

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN -Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan mendorong Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengejar target lima program prioritasnya. Apalagi, sudah terhitung empat tahun Mas Tamam (sapaan akrab bupati) memimpin Pamekasan.

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Pamekasan Suryono, selama empat tahun terakhir, pemkab selalu berikhtiar merealisasikan target lima program prioritasnya. Mulai dari pendidikan, infrastruktur, perekonomian, kesehatan, dan reformasi birokrasi. Menurutnya, masih ada satu tahun untuk mengejar target. 

“Lima program prioritas perlu ditekankan lagi, perlu fokus, perlu dikawal benar, sehingga ada dampak kepada masyarakat Pamekasan, ada hal yang dirasakan,” paparnya, Minggu (25/9/2022). 

Politisi PKS itu menegaskan, dalam realisasi program prioritas tersebut ada catatan yang perlu digarisbawahi. Seperti jaminan kesejahteraan guru honorer dan guru ngaji, pemerataan pembangunan jalan; mulai dari jalan protokol maupun jalan di beberapa desa yang rusak parah.]

Sementara itu, sosok yang berasal dari daerah pemilihan (dapil) Pamekasan I itu melanjutkan, program penguatan perekonomian meningkatkan pemberdayaan terhadap peranan pelaku usaha kecil menengah (UKM). Pada sisi reformasi birokrasi harus lebih mengurangi terhadap berbagai belanja daerah yang sifatnya tidak penting.

Dia juga menginginkan pada prioritas bidang kesehatan harus terus mendorong pusat layanan kesehatan masyarakat (puskesmas) lebih berdaya. Sebab faskes tersebut merupakan layanan kesehatan yang terdekat dengan masyarakat. 

“Puskesmas itu bagian unit terkecil yang ada di kecamatan yang merupakan akses pertama kesehatan bagi orang sakit. Jadi masyarakat tidak langsung ke rumah sakit umum, sehingga fasilitasnya harus terus dibenahi,” ulasnya. 

Reporter: Khoyrul Umam Syarif 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky