oleh

Catatan Khusus Rektor IAIN Madura di Harjad Pamekasan ke-490

KABARMADURA.ID, Pamekasan -Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura Mohammad Kosim memiliki harapan khusus untuk momentum Hari Jadi (Harjad) Pamekasan yang ke-490. Dia inginpercepatan pembangunan dari semua lini bisa terus ditingkatkan.

Terlebih, jika dilihat dari usianya, sudah waktunya untuk berdampingan sejajar dengan daerah maju lainnya di Indonesia.

Kepada Kabar Madura, Kosim memberi pandangan akademisnyamengenai pembangunan Pamekasan dari tahun ke tahun. Jika dirunut sejak awal berdiri, setiap pemimpin mempunyai peranan yang penting sesuai dengan porsinya masing-masing.

Namun dia memberi apresiasikhusus untuk pemimpin Pamekasan saat ini yang hadir dengan berbagai terobosan dan inovasi barunya.

“Atas nama keluarga besar IAIN Madura,kami mengucapkan selamat Hari Jadi (Harjad) Pamekasan ke-490, semoga menjadi Pamekasan hebat, warganya makmur, religius dan warganya semakin  terdidik,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (4/11/2020).

Kosim menilai, dari tahun ketahun kemajuan Pamekasan cukup signifikan. Terutama padalima program prioritas pembangunan, mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, reformasi birokrasi, infrastruktur, dan penigkatan ekonomi masyarakat.

Karenanya, jika pemimpinnya punya komitmen, masyarakatnya mendukung, dia yakin kemajuan Pamekasan akan sangat cemerlang di masa depan.

“Saya rasa jika lima program prioritas terus dilakukan secara konsisten, Pamekasan hebat bisa tercipta,”ulasya.

Rektor di kampus Islam negeri satu-satunya di Madura itu menyatakan, pembangunan harus didukung dari semua lini masyarakat.

Berbagai julukan yang dimiliki, mulai Gerbang Salam, Kabupaten Pendidikan hingga Kabupaten Batik,rancangan pembangunan harus disesuaikanmasa depannya dan kearifan lokal yang ada. Sehingga tidak perlu meninggalkan cara-cara baruuntuk bisa menjadi kabupaten yang luar biasa.

“Artinya jangan menyerah kepada keadaan, kalau menyerah, tentunya akan terjadi frustasi, dan kegagalan. Semangat menjalani hidup ini karena banyak jalan menuju keberhasilan, baik dibidang pendidikan, bidang ekonomi, dan lainya,”ujarnya.

Yang menurutnyatak kalah penting adalah keseimbangan kegiatan duniawi dan ukhrawi, sehingga keberhasilan didunia bisa dicapai dengan baik, dan keberhasilan akhiratnya bisa diraih dengan maksimal, sesuai dengan tema harjad ke 490, “Desaku Makmur Pamekasan Hebat”.

“Makmur menurut saya adalah ubudiyah-nya bagus, kemudian mampu secara ekonomi, bukan artian harus kaya, tetapi cukup untuk memenuhi segala kebutuhan, sehinga kalau begitu hebat betul,”pungkasnya. (rul/waw/*)

 

Komentar

News Feed