Cegah Konflik Pilkades, DPMD Sumenep Buka Konsultasi Publik

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) MENIMALISIR: Pelaksanaan pilkades yang rawan konflik mulai diantisipasi DPMD Sumenep dengan menggelar diskusi publik sebelum menetapkan regulasi.

KABARMADURA.ID, SUMENEP-Dalam rangka meminimalisir konflik dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2021, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep menggelar konsultasi publik mengenai rencana perubahan peraturan bupati (perbup) yang mengatur teknis pilkades di tengah wabah Covid-19.

Kepala DPMD Sumenep M Ramli menyampaikan, forum yang digelar di kantornya itu sengaja mengundang berbagai elemen masyarakat, di antaranya, Komisi l DPRD Sumenep, akademisi, praktisi, tokoh masyarakat organisasi masyarakat (ormas). Salah satu tujuannya, untuk menyelaraskan misi pelaksanaan pilkades.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya itu implementasi dari Perbup 54 tahun 2015, Permendagri tahun 72/2020, dan SE 141 tentang pelaksanaan pilkades yang harus sesuai protokol kesehatan,” katanya, Rabu (27/1/2021).

Salah satu poin dari diskusi tersebut adalah meminimalisir penularan Covid-19. Teknisnya, tempat pemungutan suara (TPS) pilkades akan dibuat per dusun. Setiap TPS terdapat 500 hak pilih. Teknis tersebut dalam rangka meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Ramli menambahkan, termasuk dalam proses pengisian panitia pelaksana baik di tingkat kabupaten, kecamatan, desa, dan TPS, wajib mengakomodir relawan Covid19. Sehingga upaya pencegahan itu lebih maksimal.

“Mengatur TPS di semua dusun itu salah satu poinnya. Nah saat ini rata yang diundang sepakat dan memberikan masukan-masukan, sehingga untuk rencana perbup itu tinggal menunggu pengesahan bupati,” imbuhnya.

Poin penting lainnya adalah adanya perubahan dalam skoring, dari yang awalnya ada beberapa kategori yang nilainya lebih tinggi, kini skornya lebih rendah.

“Misalnya BPD asalnya lebih tinggi dari DPRD, sekarang lebih rendah nilainya,” pungkasnya. (ara/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *