oleh

Cegah Penyebaran Covid-19, Polres Bubarkan Pesta Pernikahan

Kabarmadura.id/Bangkalan-Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan turun langsung dengan melakukan pendekatan persuasif untuk membubarkan acara resepsi pernikahan yang digelar di Gedung Ratu Ebuh, Kamis (25/3). Kasubbag Humas Polres Bangkalan, AKP Moh Bahrudi mengatakan, imbauan pembubaran acara resepsi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona. Karena sebelumnya, ada instruksi presiden dan bupati untuk mencegah kegiatan berkumpul dalam jumlah yang banyak.

“Masyarakat kami imbau untuk tidak melakukan kegiatan berkumpul dan lebih baik diam di rumah untuk menjaga diri agar tidak terjangkit virus corona,” ujarnya.

Akhirnya, acara resepsi tersebut berhasil dihentikan sebelum acara dimulai. Di mana pihak kepolisian datang pukul 09.00 WIB saat tamu undangan mulai berdatangan. Karena pencegahan untuk tidak digelarnya acara itu, para tamu yang sudah terlanjur datang langsung pulang setelah diberikan pemahaman.

Tidak hanya itu, petugas yang berada di lokasi juga tengah berdiskusi dengan pihak pengelola dan juga pemilik hajatan untuk menghentikan kegiatan tersebut.

“Kami imbau baik-baik, kita lakukan pendekatan persuasif kepada pihak keluarga dan semua pihak menerima hal itu setelah kami beri pemahaman agar mematuhi imbauan itu,” terangnya.

Sementara itu, pembubaran dipimpin oleh Kasat Intelkam Polres Bangkalan, Iptu Ahmad Junaedi. Ia mengatakan, untuk saat ini dilarang melakukan kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak, apalagi lebih dari 20 orang. Mengenai izinnya, ia menuturkan, acara resepsi tersebut digelar tanpa ada izin keramaian dari kepolisian. Bahkan ia menegaskan, tidak mengeluarkan izin selama virus corona masih mewabah.

“Kami sampai saat ini tidak mengeluarkan izin keramaian hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sehingga, di wilayah hukum kami masyarakat tidak boleh melakukan kegiatan perkumpulan apapun sebagai upaya antisipasi pencegahan penyebaran virus itu sendiri,” tandasnya.

Sekedar diketahui, selain Surat Edaran (SE) dari pusat dan daerah yakni SE Bupati Bangkalan yang melarang adanya kegiatan yang dapat mengumpulkan massa dan keramaian, pihak Polres Bangkalan juga telah mengedarkan Maklumat Kapolri Jenderal Idham Azis tertanggal 19 Maret 2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Covid-19.

Edaran tersebut menyebutkan agar masyarakat tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri. Seperti, kegiatan-kegiatan kemasyarakatan itu meliputi kegiatan sosial, budaya, keagamaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan, konser musik, pekan raya, festival, pasar malam, pameran, unjuk rasa, hingga resepsi keluarga. Atas maklumat dan edaran tersebut, Polres Bangkalan saat ini tidak menerbitkan izin keramaian hingga batas waktu yang belum ditentukan. (ina/pai)

 

Komentar

News Feed