Cegah Penyebaran Covid-19, Tim Gabungan Kabupaten Sampang Gelar Operasi Yustisi Prokes

  • Whatsapp
(FOTO: KM/JAMALUDDIN) TINDAKAN TEGAS: Tim gabungan terdiri dari Tentara Negara Indonesia (TNI) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sampang, melaksanakan operasi yustisi. 

KABARMADURA.ID, SAMPANG-Pemerintah Kabupaten Sampang, melakukan operasi yustisi sebagai antisipasi Covid-19. Operasi tersebut berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2020, Peraturan Gubernur Nomor 53 Tahun 2020 tentang Kedisiplinan dan Penanganan Hukum Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

Operasi yang dilakukan tim gabungan, meliputi Tentara Negara Indonesia (TNI), aparat kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyisir area Pasar Srimangunan. Mereka melakukan pengecekan semua pengunjung pasar. Sehingga, jika ada pengunjung atau pedagang yang tidak mematuhi prokes diberikan sanksi, baik berupa lisan maupun surat teguran.

Bacaan Lainnya

Komandan Koramil (Danramil) Kota, Kapten Inf Nizen mengatakan, operasi yustisi di lokasi pasar sebagai upaya untuk penegakan kebijakan pemerintah terkait prokes. Dengan demikian, tidak terkecuali pengunjung atau penjual wajib patuh terhadap peraturan akibat adanya wabah Covid-19.

Menurutnya, area pasar menjadi sasaran operasi, sebagai langkah untuk mensosialisasikan agar semua masyarakat patuh terhadap prokes. Terlebih, saat ini sebaran Covid-19 menunjukkan adanya peningkatan. Yakni, awalnya zona kuning kembali menjadi zona orange.

“Semua masyarakat harus mematuhi prokes, ini demi keselamatan bersama. Jika ada masyarakat yang melanggar, kami akan beri teguran, baik lisan maupun secara tertulis, karena mencegah penyebaran Covid-19 ini, harus berawal dari kesadaran masing-masing,” ungkapnya, Senin (04/01/2021).

Pihaknya menegaskan, untuk masyarakat yang patuh terhadap prokes akan diberikan semacam reward atau penghargaan, agar masyarakat lainnya juga bisa mematuhi prokes. “Ini demi keselamatan bersama, insyallah bagai yang masyarakat yang disiplin mematuhi ketentuan prokes akan memperoleh penghargaan nantinya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Peraturan Daerah (Perda) Satpol PP Kabupaten Sampang, Agus Alfian menuturkan,  dalam menegakan inpres tersebut tidak hanya dilakukan di area pasar. Akan tetapi,  direalisasikan di semua tempat keramaian. Hal itu, guna mencegah penyebaran wabah Covid-19.

“Namun, berkaitan dengan tindak lanjut masyarakat yang diberikan sanksi tersebut bukan ranah kami. Jika sering melanggar akan ditindaklanjuti oleh instansi lain,” responnya. (mal/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *