oleh

Cegah Wabah Covid-19, RSUD Pamekasan Batasi Pembesuk Pasien

Kabarmadura.id/Pamekasan-Untuk memastikan ketersediaan ruang khusus pasien terpapar Covid-19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan melakukan ispeksi mendadak, Selasa (17/3/2020). Dalam sidak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Slamet Martodirdjo itu, para legislator telah mendpati satu ruangan isolasi yang disediakan.

Setelah melihat langsung kondisinya, Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan Moh. Sahur mengatakan, palayanan khusus pasien Covid-19 maka ternyata sudah disiapkan sesuai dengan prosedur kesehatan dalam penangannya.

“Alhamdulillah sudah siap dan semua fasilitas sepeti ruang isolasi dan semacamnya sudah siap,” ungkapnya.

Tujuannya melakukan sidak, adalah dalam rangka memeriksa segala perlengkapan yang dibutuhkan pasien Covid-19. Sebab, RSUD Slamet Martodirdjo menjadi salah satu rumah sakit yang direkomendasikan untuk merawat pasien yang diduga terpapar.

“Kami memastikan kesiapan dalam rangka menangani persoalan kasus corona, karena di Madura  itu ada dua rumah sakit yang ditunjuk oleh provinsi menangi khusus kasus ini,” paparnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Slamet Martodirjo menyampaikan, khusus penanganan pasien diduga terpapar Covid-19, pihaknya sudah menyiapkan satu ruang isolasi. Ruang tersebut berisi dua tempat pasien.

“Kami sudah menyiapkan ruang isolasi, ditunjukkan dengan simulasi yang dianggap itu pasien virus corona,” jabarnya.

RSUD Pamekasan juga telah membentuk tim penagangan khusus pasien Covid-19. Tim itu diketuai oleh dr. Syaiful Hidayat, dokter spesialis paru, dan beberap dokter lainnya yang berkompeten.

“Semua pasieen bukan hanya di RSUD tetapi juga di beberapa puskesmas dilakukan pemerikasaan, kalau dia sakit tidak boleh masuk, itu harus beristrahat di rumah,” terangnya.

Pihaknya juga sudah mempersempit kunjungan di RSUD Slamet Martodirdjo, untuk menghindari tersebarnya wabah Covid-19. Salah satunya dengan cara mengurangi kontak dengan pasien yang sedang dalam proses penyembuhan. (rul/waw)

Komentar

News Feed