Cerita Haru Arinda, Paskibraka Pembawa Baki Sang Saka

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IMAM MAHDI) KEBANGGAAN: Arinda Cahyaning Fajrin tuturkan rasa hatinya saat pembawa baki Sang Saka Merah Putih pada upacara HUT RI ke-67 di lingkungan Pemkab Sumenep, Selasa (17/8/2021).

KABARMADURA.ID – Matanya tampak berbinar saat kedua tangannya membopong Sang Saka Merah Putih. Arinda Cahyaning Fajrin masih belum menyangka bisa dipercaya menyandang amanah besar itu. Rasa harunya itu hingga membuatnya meneteskan air mata di tengah jalannya upacara.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Bacaan Lainnya

“Keinginan belum terlintas, hanya belum yakin pada kenyataan terpilih. Tapi ternyata, alhamdulillah takdir dan nasib baik berpihak pada saya,” kata Arinda saat ditemui Kabar Madura usai menjalankan tugasnya, Selasa (17/08/2021).

Wanita berparas cantik ini adalah satu di antara 73 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep pada upacara bendera Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI)ke-76 di halaman Pemkab Sumenep, Selasa (17/8/2021).

Arinda saat ini masih duduk di bangku kelas XI. Di sekolahnya,  Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Sumenep, dia menjadi salah satu siswa yang patut dibanggakan.

Gadis kelahiran Sumenep, 2 April 2005 ini merasa belum percaya lantaran baru pertama didaulat masuk paskibraka di Kota Keris ini. Rasa harunya itu bercampur senang dan bangga. Sempat merasakan grogi di awal, namun seiring waktu, dia jadi percaya diri. Latihan selama 21 hari yang dijalani membuatnya sangat fasih.

Baginya, menjadi paskibraka juga untuk menghargai pahlawan yang sebelumnya berdarah-darah membela tanah air  untuk mencapai tujuan yang hakiki dalam kemerdekaan.

“Ini merupakan penghargaan terbesar, karena dipercaya menjadi pembawa baki di upacara HUT RI,” tandasnya.

Kualitas pada diri Arinda diakui sendiri oleh Pelaksana harian (Plh) Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep Syaifuddin Anshari.

Syaifuddin mengatakan, Arinda Cahyaning Fajrin merupakan siswi pilihan pembawa baki yang sebelumnya dilakukan seleksi yang ketat.

Harapannya, selain untuk membuktikan menjadi hidup disiplin, paskibraka diharapkan mampu  menjadi pemuda yang tangguh dalam menghadapi wabah Covid-19 yang saat ini menimpa seluruh dunia.

Dengan usia yang masih belia, Syaifudin berharap Arinda bisa terpilih menjadi pembawa baki pada paskibraka tingkat nasional.

“Alhamdulillah pembawa baki serta serta pengibar bendera dan lainnya tidak ada masalah pada pelaksanaan. Sebab, sudah terlatih sebelumnya,” ucap Syaifuddin.

Sebelumnya, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengutarakan, Paskibraka HUT RI ke-76 merupakan pemuda-pemudi pilihan dan istimewa. Menurutnya, yang sudah terpilih harus bangga. Sebab, tidaklah mudah menjadi seperti mereka, harus melalui seleksi ketat dari berbagai aspek.

“Dan hanya terbaiklah yang terpilih. Kepercayaan yang diemban dalam pundak kalian agar dilaksanakan sungguh-sungguh serta penuh tanggung jawab,” ucap dia pada saat pengukuhan paskibraka HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Sabtu (14/8/2021). (waw)

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *