Cerita Pengalaman Akis Jazuli Menuju Kursi Parlemen

  • Whatsapp
AKIS JASULI: Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep sekaligus ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera.

AKIS JASULI: Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep sekaligus ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera.

Kabarmadura.id-Langkah meraih kesuksesan yang dialami Akis Jazuli, memiliki kisah yang unik. Pria yang kini duduk di kursi DPRD Sumenep tersebut mengaku, yang dicapainya saat ini, berkat barokah mondok selama enam tahun dari 2002-2008 dan ketaatan pada kiai.

IMAM MAHDI, SUMENEP

Akis, kini menjabat sebagai ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera. Baginya, kata barokah melebihi yang biasa dipahami dari kata itu sendiri. Barokah, memiliki makna yang begitu sakral dan rasanya tidak bisa diperoleh dengan cara biasa biasa saja. Itulah yang membuatnya tidak menyangka bisa menjadi wakil rakyat.

Priayang satu ini, tergolong sukses dalam meniti karir di dunia politik. Sebelum dikenal sebagai politisi, ia hanya santri yang tekun di Pondok Pesantren Nasy’atul Muta’allimin, Jalan Anggrek, Dusun Battangan, Desa Gapura Timur, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, sejak 2002 hingga 2008.

Oleh kiainya, ia selalu diperintahkan untuk jalani apapun dengan sabar serta ikhlas. Di luar jam belajar, Akis sering mengabdikan di luar kebiasaan santri pada umumnya, yakni dengan bercocok tanam di sawah, mengambil rumput, nanam tebakau, berjualan ayam.

“Apa yang diperitahkan guru atu kiai, saya harus selalu nurut dan berbakti,” katanya, Kamis (19/9/2019).

Akis yakin dan berpegang teguh pada prinsip. Prinsipnya, adalah berpikir positif serta optimis dalam hal apapun. Dengan begitu, meniti karier akan lebih mudah mengalir seperti air. Sebeb menurutnya, dalam berproses, tidak semudah mebalikkan tangan. Sebab, ia juga pernah mengalami masa-masa sulit.

Pria yang lahi pada 14 Pebruari 1990 di Desa Kombang Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep  ini, di usia mudanya sungguh menjadi anak yang tekun mengabdi dan bekerja serta tidak lupa berdoa.

Putra pasangan Haji Jazuli dan Amruni ini, dilahirkan dari keluarga yang bekerja sebagai petani dan nelayan. Akis Jazuli menempuh pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Talango, Sumenep, kemudian melanjutkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nasy’atul Muta’allimin.

Setelah lulus MTs, ia melanjutkan pendidikan Madrasah Aliyah (MA) Nasy’atul Muta’allimin. Kemudian melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan mengambil jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Pasca sarjananya mengambil di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya dengan program studi sebelumnya.

Usai lulus kuliah dan meniti karirnya sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep pada tahun 2014-2019. Di periode tahun 2019- 2024, ia terpilih lagi dan berhasil menduduki ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera, gabungan legislator dari Partai Nasdem, PKS dan Parta Hanura DPRD Sumenep.

Di kepartaian, Akis menjabat sekretaris DPD Partai Nasdem Kabupaten Sumenep tahun 2017 hingga saat ini.

Selama menempuh pendidikan, baik di sekolah, pesantren hingga perguruan tinggi, dia aktif di organisasi. Hal itu membuat pengalamannya jadi luar biasa. Bahkan, jadi modal untuk duduk di kursi parlemen.

“Bagi saya, perjalan hidup saya hingga saat ini menjadi sejarah tersendiri hingga saat ini,” pungkasnya (waw)

AKIS JASULI

Lahir, Talango Sumenep, 14 Pebruari 1990

Jabatan sekarang: ketua Fraksi Nasdem Hanura Sejahtera

PENDIDIKAN:

MI di Talango

MTs Nasy’atul Muta’allimin, Gapura

MA Nasy’atul Muta’allimin, Gapura

S1 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

S2 Ilmu Hubungan Internasional Universitas Airlangga (Unair) Surabaya

ORGANISASI

IPNU di Kecamatan Gapura, Sumenep tahun 2005-2017

ketua Osis MA Nasy’atul Muta’allimin tahun 2006-2007

Pengurus Ponpes Alghufron, Gapura Sumenep tahun 2006- 2008

Aktivis Malang Corrupton Watch tahun 2009

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tahun 2008-2011 di UMM

Sekretaris Senat Mahasiswa Fisip UMM tahun 2010-2011

Kordinator Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) tahun 2010-2011

Ketua Umum Senat Mahasiswa UMM tahun 2011-2012

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *