oleh

Cerita Pilu di Balik Pemenang Medali Gold dalam National Paper Competition

KABARMADURA.ID, BANGKALAN-Sumber daya manusia (SDM) unggul yang dimiliki Bangkalan, salah satunya adalah Khoirun Nisa. Perempuan asli kelahiran Bangkalan ini telah banyak menjurai perlombaan karya tulis. Yang terakhir dia sukses mendapatkan medali gold dalam National Paper Competition yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya.

Saat ini, dia masih berstatus sebagai mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Ibunda Nisa bernama Muslihah, juga aktif menulis puisi semasa muda. Tidak heran jika keterampilan itu turun ke anaknya.

Muslihah menceritakan, sebenarnya dia ada dendam akibat gunjingan orang yang merendahkan Nisa sejak duduk di bangku taman kanak-kanak. Namun itu jadi cambuk bagi Muslihah untuk mendidik Nisa menjadi berprestasi.

Sejak sekolah dasar sampai sekolah menengah atas (SMA), Nisa selalu mendapat beasiswa. Termasuk saat menjadi mahasiswi Unesa, masih mendapat beasiswa unggulan dari Kemendikbud.

“Saya cuma ingin berbagi tips, kalau ingin punya anak yang pinter, harus banyak ngaji bermunajat sama Allah, balita pun harus diperhatikan betul, usia emas, apalagi kalau sekolah harus dapat perhatian lebih, tidak asal dilepas yang penting sekolah dan terpenting bila anak mau ujian seorang ibu harus mendoakannya,” ujarnya.

Tidak mudah bagi Muslihan dalam menddik Nisa,dia ingat betul masa kesulitan terbesar buat Nisa, bahkan ingatan itu kerap membuatnya sampai menangis. Saat itu, beberapa bulan menjelang Nisa menjalani ujian nasional, Muslihah mengalami kecelakaan parah hingga panggulnya patah.

Sehingga Nisa yang harus pintar membagi waktu belajar dengan merawat ibunya yang tak berdaya, serta merawat adiknya yang masih batita.

“Saya tidak memikirkan keadaan saya, yang saya minta kepada Allah hanya suksesnya Ninis (sapan akrab Nisa) gimana yang mau ujian waktu itu, begitu lelahnya seorang anak SD yang masih lemah harus melakukan semua ini, tapi Nisa selalu menguatkan saya,” terangnya.

Nisa juga menyampaikan, kesuksesannya itu tidak luput dari didikan dan doa ibunya. Banyak pengalaman yang dia ambil selama mengikuti perlombaan. Berawal dari keinginan untuk mencoba karena gratis, seluruh gagasan mereka masuk ke dalam kategori, baik paper maupun poster.

Nisa mengaku, saat perlombaan dia mengajak dua rekan lainnya, yakni Ermia dan Irul untuk menjadi tim partisipasi lomba tersebut. Dalam lomba itu dia menghasilkan 2 karya esai dan 2 karya poster yang seluruhnya masuk babak final.

Untuk lomba bidang esai, keduanya mengantongi kategori gold medal paper, sementara untuk kategori poster mendapatkan kategori bronze medal poster dan silver medal poster.

“Waktu itu kami mewakili kampus kami dan kebetulan dua teman saya ini bisa di bidang desain,” tuturnya.

Awalnya dia ragu untuk mengikuti lomba tersebut. Sebab, waktu yang mepet dan ragu bisa menyelesaikan desain dan tulisan esai secara singkat. Namun, dia tetap mengikuti perlombaan itu dan ternyata sukses meraih medali gold atau juara 1. Dia sendiri menggeluti dunia bidang karya tulis sejak awal kuliah. Berbagai prestasi telah dia raih.

“Dan karena banyak prestasi, akhirnya saya ditunjuk untuk mengikuti pemilihan mahasiswa berprestasi di kampus,” tandas perempuan berumur 21 tahun ini. (ina/waw)

Prestasi yang pernah Nisa raih:

1 LKTIN GKOM 2020 Universitas Negeri Surabaya tahun 2020

3. 1. Finalis LKTIN CEW 5th Universitas Internasional Semen Indonesia tahun 2020

2. Juara Finalis Lomba Daur Ulang Sampah IX Universitas Sriwijaya tahun 2020

4. Juara 1 LKTIN Kimia Unesa 2020 Universitas Negeri Surabaya tahun 2020

5. Best Presentation LKTIN Kimia Unesa 2020

6. Juara 3 LKTIN PHC 2020 Universitas Jember tahun 2020

7. Finalis Penalaran Competition 2020 Universitas Kanjuruhan Malang

8. Finalis National Bussiness Plan Competition 2020 Universitas Negeri Surabaya

9. Juara 2 Lomba Esai Nasional FE UNP Universitas Negeri Padang tahun 2020

10. Finalis LKTIM Market Preneur 2020 Universitas Negeri Surakarta

11. Finalis National Youth Competition 2020 Garuda Nusa Foundation

12. Finalis Esai Kewirausahaan GENBI UPN Veteran Jatim UPN Veteran Jatim tahun 2021

13. Pemakalah Terbaik I Presisi 2021 Universitas Hasanuddin tahun 2021

14. Gold Medal Kategori Agricultural Engineering Esai FTP 2021 Universitas Brawijaya

15. Gold Medal Kategori Agricultural Engineering Esai FTP 2021 Universitas Brawijaya

16. Bronze Medal Poster Kategori Agricultural Engineering FTP 2021 Universitas Brawijaya

17. Silver Medal Poster Kategori Agricultural Engineering FTP 2021 Universitas Brawijaya

18. Juara 2 Lomba Esai Profil Tanah XXXII Universitas Jember tahun 2021

19. Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat FMIPA Universitas Negeri Surabaya Tahum 2021

20. Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas Universitas Negeri Surabaya tahun 2021

21. Juara 2 Lomba KTIQ MTQ Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tahun 2021

Komentar

News Feed