Cerita Vidya Adisti, Mahasiswi Universitas Tanjungpura yang Kagum atas Toleransi Orang Madura terhadap Keragaman

  • Whatsapp
(FOTO: KM/KHOYRUL UMAM SYARIF) CUKUP MANIS:  Vidya Adisti, mahasiswa Universitas Tanjungpura yang jadi peserta pertukaran mahasiswa di Unira untuk program Kampus Merdeka.

KABARMADURA.ID | Kegigihan dalam meraih mimpi sukses di masa depan, Vidya Adisti akhirnya bisa  mengetahui beragam budaya milik Indonesia. Mahasiswa Universitas Tanjungpura itu, kini menjadi salah satu mahasiswa pertukaran di Universitas Madura (Unira). Dia mempelajari Madura dengan terlibat sebagai peserta program Kampus Merdeka yang diadakan  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI).

KHOYRUL UMAM SYARIF: PAMEKASAN

Bacaan Lainnya

Wanita kelahiran Pontianak, 11 Desember 2021 ini, awalnya tidak menyangka akan mendapatkan lokasi pertukaran pelajar di Universitas Madura. Sebab, stigma umum mengenai orang Madura yang keras budayanya, sempat membuatnya ragu datang ke Pulau Garam ini.

Namun  setelah hampir sebulan belajar di Madura, tepatnya di Pamekasan, dia membuktikan bahwa stigma itu hanya prasangka belaka. Dia merasa, kebanyakan orang Madura sangat ramah dan sopan.

Pas nyampek di sini ada rasa takut, apalagi saya seorang perempuan sendirian, berpisah dengan orang tua, tapi pas di sini disambut dengan ramah, sampai dicariin kosannya, bahkan di kosan, temen yang lain sangat peduli dengan saya,” ujar gadis manis ini, Rabu (27/10/2021).

Mahasiswi semester 5 di program studi kehutanan tersebut, mengagumi suasana toleransi agama di Pamekasan. Berdasar analisanya, patut menjadi contoh yang baik  dalam menghargai setiap perbedaan dalam keberagaman.

Sebab informasi yang didapatnya, kegiatan gotong royong antar umat beragama sangat berjalan dengan baik.

Dengan masa satu semester kuliah di Unira, dia merasa sangat lama, sehingga ingin memanfaatkan momentum tersebut untuk menambah pengetahuannya di bidang sosial budaya.

“Universitas Madura ini bener-bener bagus, sempat dapat info kalau universitas ini membantu masyarakat yang perekonomiannya kurang, jadi uang kuliah tunggal (UKT)-nya tidak terlalu tinggi, ini yang saya kagumi dari universitas ini,” kata Vidya.

Dalam perbincangannya dengan Kabar Madura, mahasiswi berprestasi ini menyempatkan berbagi tips untuk menjadi orang sukses. Tips tersebut, di antaranya mempunyai niat yang gigih atas keinginan yang dicapai, mempunyai rencana yang jelas dalam berbagai target pencapaian yang diinginkan dan terus belajar kepada orang sukses di bidang yang ingin dicapai.

“Harus menata berbagai rencana jangka panjang yang ingin dicapai, sehingga program dari pertukaran mahasiswa Kampus Merdeka menjadi salah satu jalan baginya untuk bisa sejajar dengan orang-orang sukses di masa depan,” ucap Vidya.

Redaktur: Wawan A. Husna

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *