CFD di Pamekasan Akan Dibuka Kembali, Pedagang dan Pengunjung Wajib Divaksin

  • Whatsapp
(FOTO: KM/ALI WAFA) AKAN DIBUKA: Suasana CFD di bundaran Arek Lancor sebelum mewabahnya Covid-19.

KABARMADURA.ID | PAMEKASAN Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan dr. Nanang Suyanto mengungkapkan, saat ini Pamekasan masuk level 3 dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal disebabkan capaian vaksinasi masih rendah, yaitu 22,99 persen. Pihaknya terus berupaya agar capaian vaksinasi di terus meningkat. Targetnya, akhir bulan ini capaian vaksinasi sudah sampai 70 persen.

Kendati masih level 3, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan berencana membuka kembali kegiatan car free day (CFD) setiap hari Minggu pagi. Menurut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Pamekasan Kusairi, CFD akan dibuka pada pekan ini. Pemkab sudah berkoordinasi dengan beberapa instansi terkait.

Bacaan Lainnya

“Hasil rapat kemarin, kalau tidak ada kendala, CFD akan dibuka Minggu ini,” ungkap Kusairi, Selasa (26/10/2021).

Pemkab merencanakan lokasi CFD selama pandemi dipindah ke eks Pasar Sedangdang yaitu di Jalan KH Agus Salim, dari yang semula di area taman Arek Lancor (Arlan). Dalam pelaksanaan CFD tersebut, pengunjung dan pedagang diwajibkan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Bahkan, mereka harus menunjukkan kartu vaksin sebelum memasuki area CFD.

Namun, CFD tidak akan berlokasi di area taman Arek Lancor (Arlan). Lokasi eks Pasar Sedangdang di Jalan KH. Agus Salim disepakati sebagai lokasi CFD selama masa wabah Covid-19. CFD akan dibuka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Bahkan, para pedagang dan pengunjung diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin sebelum memasuki area CFD.

“Di luar akan disediakan QR Barcode. Dari arah selatan mulai dari arlan. Dari utara mulai dari simpang empat. Dari timur mulai dari simpang tiga Jalan Kesehatan. Dari barat mulai dari SMA 1,” terang Kusairi.

Kendati begitu, di arlan akan disediakan gerai vaksinasi. Masyarakat yang belum divaksin bisa mengikuti vaksinasi terlebih dahulu sebelum masuk ke lokasi CFD. Kusairi menyebutkan, pihaknya akan membuka CFD dengan jumlah pedagang kaki lima (PKL) antara 70 sampai 100 PKL. Tujuan dibukanya CFD agar perekonomian masyarakat kembali tumbuh.

“Jumlah PKL disesuaikan dengan space yang ada,” pungkas Kusairi.

Reporter: Ali Wafa

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *