Cinta Lingkungan, Mahasiswa UNIBA Madura Gelar Bersih-Bersih Kota Sumenep

  • Whatsapp
(KM/UNIBA MADURA for KM) PEDULI LINGKUNGAN: Mahasiswa UNIBA Madura menggelar bhakti sosial bertajuk Green, Waste Less Green More di sejumlah lokadi di Kota Sumenep.

Kabarmadura.id/Sumenep-Universitas Universitas KH. Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA Madura) menggelar bhakti sosial. Tujuannya, untuk memperkokoh rasa sosial terhadap masyarakat. Apalagi, hal tersebut bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian terhadap masyarakat.

Dosen sekaligus Pembina Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Subaida mengatakan, selain  mewujudkan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan melakukan bersih-bersih sampah lingkungan, dapat melatih kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan melestarikan hidup bersih dan sehat.

“Kami semua mahasiswa di sini terjun langsung di titik keramaian Sumenep yang banyak sampah berserakan dengan menyapu, mengumpulkan dan membuang pada tempatnya,” tutur Senin malam (15/12/2019).

Dijelaskan, segenap civitas akademika UNIBA Madura melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa bersih-bersih di pusat keramaian Sumenep yang berpotensi menghasilkan sampah.

Acara bertajuk Green, Waste Less Green More tersebut, dilakukan di Taman Adipura, Pasar Minggu dan Pasar Anom Baru Sumenep. Greenjoy yang dimaksud, bermakna green is enjoy atau hijau itu menyenangkan. Sedangkan waste less (mari mengurangi sampah) dan green more (mari tingkatkan penghijauan dan sadar lingkungan).

“Dengan melakukan bersih-bersih sampah di lingkungan Sumenep, dengan adanya dapat melatih mahasiswa peduli terhadap lingkungan dan melestarikan hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Kegiatan itu, juga merupakan rangkaian aktivitas Freshman Development Program (FDP) 2019, pembinaan rutin untuk mahasiswa baru UNIBA Madura. Sekaligus langkah nyata UNIBA Madura mendukung pencapaian Suistainable Development Goals (SDGs).

Sementara itu, Dosen UNIBA Madura Ach Zuhri mengutarakan, acara tersebut juga melatih kesadaran mahasiswa sebagai pemuda dan masayarakan pada umumnya untuk membuang sampah pada tempatnya, dan sebagai upaya menghindari terjadinya banjir akibat tumpukan sampah yang mengganggu drainase mengalirnya air yang saat ini sudah mulai masuk musim penghujan.

“Kami berharap, semoga acara tersebut dapat melatih diri untuk menjadikan orang yang sosialnya tingggi. Sehingga, pada kegiatan sehari-harinya dapat dapat diaplikasikan dengan cara yang diajarkan para dosen,” tukasnya.

Ditambahkan, kegiatan itu dari selurih mahsiaswa UNIBA Madura yang terdiri dari mahasiswa baru dan ormawa kampus UNIBA Madura, mulai dari BEM, DPM, HMJ Akuntansi, HMJ Manajemen, UKM Mapala dan UKM Bahasa Inggris.

“Kami berupaya untuk melatih anak didik yang betul mandiri dan rasa sisialnya tingggi,” pungkasnya. (imd/waw)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *