oleh

Cita-Cita Kepala Capim Bank BRI Muhammad Amalo dalam Meningkatkan Geliat Ekonomi Masyarakat Bangkalan

Ciptakan Kluster Usaha, Bakal Kembangkan Web Pasar

F-capim

 

 

 

 

Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Banyak cobaan dan cemooh yang harus dihadapi ketika mengambil sebuah kebijakan atau ada permasalahan di perusahaan yang ia pimpin. Namun dengan keberanian dan kesabaran, segala permasalahan akan bisa diatasi dengan mudah.

FA’IN NADOFATUL M, BANGKALAN

Siap melayani sepenuh hati kepada masyarakat Bangkalan, itu lah prinsip yang dipegang Kepala Cabang Pimpinan (Capim) BRI Bangkalan, Muhammad Amalo. pria kelahiran Jakarta ini kini mengemban amanah sebagai pimpinan di Bangkalan.

Sebelum diberi amanah sebagai pimpinan BRI Bangkalan, ia sudah melanglang buana dari Sulawesi hingga Jawa. Tercatat, ia sudah mengabdi di BRI selama 16 tahun.

Amalo menceritakan, awal berkarir di perusahaan yang sudah terkenal di seluruh nusantara itu hanya sebagai staf biasa yakni pada tahun 2004.

“Mulai ditempatkan pertama kali di Sulawesi Utara waktu itu,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/7/2020).

Usai 2 tahun menjadi staf biasa yakni diposisi marketing, dia juga pernah mengemban amanah di Pontianak. Bahkan, sempat bertugas di kantor pusat dengan divisi penyelesain permasalahan kurang lebih hampir 3 tahun. Sehingga, saat awal menjadi capim di Bangkalan dan di demo dia mampu menyelesaikan permasalahan itu dengan cepat tanpa ada konflik berlanjut.

“Saya juga sempat mendapat promosi manajer marketing di Bandung,” ujarnya.

Amalo yang selalu bisa mengemban amanah dan mengabdi sepenuh hati di BRI itu, akhirnya mendapatkan jabatan strategis sebagai pimpinan cabang di kota Cipanas dan terakhir di KCP Tanjung Priok. Usai itu, berkat kegigihannya dalam memimpin, dia kembali mendapatkan promosi jabatan di Sungai Liat, Bangka Belitung selama 2 tahun berlanjut di Bank BRI cabang Maros, Sulawesi Selatan, hingga kini di Bank BRI Bangkalan.

Karenaya, keahliannya dalam menyelesaikan masalah sudah terlatih. Ia pun tidak kaget saat belum genap 2 bulan menjabat di Bangkalan sudah didemo. Dia mengatakan, pengalaman yang ia dapat menjadi modal berharga dalam menyelesaikan permasalahan di cabang masing-masing.

Walaupun pertama kali menjabat di Bangkalan sudah dihadapkan permasalahan itu. Sebagai bagian kesatuan Bank BRI, dia memberikan penjelasakan secara menyeluruh dan proposional. Sehingga, permasalahan tersebut bisa terselesaikan secepatnya baik ke nasabah maupun masyarakat.

“Jangan sampai, informasi yang sedikit. Orang tidak paham, malah imbasnya jelek. Kami selalu memberikan informasi secara komprehensif setiap ada permasalahan,” terangnya.

Jadi, semua permasalahan yang ada sebelumnya mampu diselesaikannya dengan baik dan transparan. Banyak kesan dan pesan yang dia dapatkan selama mengabdi di Bank BRI selama 16 tahun ini. Namun, semua hal itu dianggapkanya sebagai tantangan dan menambah pengalaman baru.

“Komplain dari masyarakat itu biasa, kami sudah selesaikan sesuai amanah,” ujarnya.

Untuk itu, untuk pengabdiannya di Bank BRI Bangkalan ini, pria asal Bekasi ini berencana akan mengembangan program kewirausahaan masyarakat. Dia ingin memprioritaskan kepada mitra-mitra atau nasabah Bank BRI untuk membangun kluster usaha.  Di mana produk atau bahan bakunya yang biasanya mengambil dari daerah lain. Dia berharap, bisa membangun kluster usaha di Bangkalan.

“Jadi perekonomian di Bangkalan bisa tumbuh, seperti produksi makanan khas Bangkalan. Kalau bahan bakunya ambil dari luar, kami siap memfasilitasi nasabah atau mitra kami supaya produknya bisa terpenuhi,” paparnya.

Selama kepemimpinannya di Bank BRI cabang Bangkalan ini, dia ingin menumbuhkan geliat ekonomi. Tak hanya itu, pengembangan web pasar akan menjadi basis prioritasnya. Melalui fasilitas yang disediakannya dari Bank BRI nanti dia berharap agar pasar di Bangkalan bisa menggunakan transaksi secara online.

“Ini juga sebagai bentuk kami menyosialisasikan di situasi wabah ini agar tidak harus langsung datang ke pasar. Bisa menggunakan aplikasi yang akan kami sediakan. Itu yang akan menjadi prioritas saya selama disini,” ungkapnya. (pai)

Komentar

News Feed