oleh

CJH Meninggal, Kemenag: Diganti Putranya

Kabarmadura.id/Sumenep-Yusuf, salah seorang Calon Jama’ah Haji (CJH) Sumenep selamanya gagal berangkat ke Baitullah. Pasalnya, CJH yang sedianya berangkat tahun ini tersebut meninggal dunia.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Sumenep Muh. Rifa’i Hasyim membenarkan tentang meninggalnya CJH asal kecamatan Batang-Batang tersebut. Menurutnya, ia akan digantikan oleh putranya, Sudari.

“Ya, ada CJH yang meninggal. Tetapi, boleh diganti oleh putranya,” katanya, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, tahap penggantian tentunya melalui beberapa prosedur termasuk surat kuasa dari ahli waris kepada yang melimpahi, kemudian adanya surat pertanggungjawaban mutlak dan dialganti kemudian diambil dan dilimpahkan.

“Ya, boleh kalau melakukan penggantian tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, CJH boleh menarik biaya pelunasan haji. Jika jamaah haji sangat membutuhkan uang tersebut, maka diperkenankan untuk menarik kembali tanpa mengurangi atau berpengaruh terhadap pemberangkatan.

“Dana tersebut tidak akan dicampur oleh jamaah haji yang belum melunasi dan tidak berpengaruh terhadap pemberangkatan,” paparnya.

Dia menjelaskan, untuk tahap I yang melunasi pembayaran ada 590 dan tahap kedua yang melunasi ada 39 orang. Sehingga CJH Sumenep yang melunasi sebanyak 629 orang.

“Yang sudah melunasi pembayaran otomatis sudah siap diberangkatkan,” ujarnya.

Dia menambahkan, setoran awal bagi para CJH senilai Rp25 juta dan untuk pelunasannya bisa menyusul tergantung para CJH mau melunasi kapan. Tetapi, jika tidak melunasi, akan menghambat terhadap pemberangkatan.

“Semoga yang melunasi belum melunasi cepat melunasi pembayaran,” ucapnya.

Sementara itu, Sudari (43) pengganti membenarkan penggantian tersebut lantaran ayahnya meninggal karena sakit.

“Saya anak dari Yusuf dan akan berangkat tahun depan insyaallah,” ujarnya.

Untuk pelunasan, dirinya mengaku sudah melunasi pembayaran sejak tahap pertama. Uang tersebut tidak akan dicabut kembali. Sebab, masih belum dibutuhkan.

“Yang penting saya berangkat nantinya mas,” pungkasnya. (imd/pai)

Komentar

News Feed