oleh

Coklit Serentak untuk Pilkada Hasilkan 85.646 Data Pemilih

Kabaramadura.id/SUMENEP-Sejak Rabu (15/7) lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep mengerahkan 2.500 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) ke masyarakat dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumenep 2020.

Kemudian pada Sabtu (18/7) lalu, KPU Sumenep melakukan pencoklitan serentak. Dari pencoklitan serentak selama satu hari tersebut, menghasilkan 85.646 data pemilih.

Komisioner KPU Sumenep Syaifurrahman mengatakan, tahapan pencoklitan akan berlangsung mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Selama itu pula, petugas PPDP akan mencoklit untuk memastikan identitas masyarakat masuk ke dalam data pemilih Pilkada Sumenep 2020.

“Hingga hari ini (kemarin, red) belum ada data hasil coklit yang masuk. Karena KPU meminta laporan mingguan. Jadi, setelah satu pekan, baru dilaporkan dan hari ini adalah hari terakhir dari pekan pertama,” katanya, Selasa (21/7/2020).

Data coklit pekan pertama, jelas Syaifur, laporannya akan masuk pada Selasa (21/7/2020) dan terhimpun di PPS dan di PPK. Selanjutnya, akan diteruskan ke KPU.

“Untuk saat ini, data pencoklitan 85.646. Di mana 2.500 petugas PPDP, setiap orang bisa mencoklit ke 10 rumah warga. Sementata data lainnya masih belum ada,” terangnya.

Sejauh ini, pelaksanaan pencoklitan belum ada kendala yang cukup berarti. Hanya kendala biasa, seperto tidak bertemu pemilik rumah.

Terhadap masyarakat yang tidak masuk ke form A KWK, diharapkan berpartisipasi aktif dengan memberitahukan kepada petugas PPDP. Kemudian petugas akan memasukkan data masyarakat ke dalam form yang sudah disediakan.

” Jika ada yang tidak masuk form A KWK, petugas akan mencatat berdasarkan KTP dan KK. Masyarakat yang belum merekam e-KTP diharap segera mengurus data kependudukan itu untuk kemudian didata oleh petugas,” paparnya.

Partisipasi masyarakat itu, sebut Syaifur, akan sangat membantu dalam coklit yang saat ini sedang berlangsung. Selain itu, petugas PPDP juga akan lebih mudah dalam melaksanakan tugasnya. (imd/ong/waw)

Komentar

News Feed