Covid-19 Masih Mewabah, DKP Sumenep Belum Buka Layanan Perpustakaan Keliling

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) TERJEDA: Kegiatan pelayanan perpustakaan keliling belum berjalan optimal.

KABARMADURA.ID, SUMENEP -Sampai saat ini, program perpustakaan keliling di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sumenep belum bisa belum bisa beroperasi. Alasannya sekolah belum beraktivitas secara normal.

Kepala DPK Sumenep A. Masuni mengatakan, alasan layanan perpustakaan keliling tidak dijadwalkan sebab Covid-19 masih mewabah.

“Masih belum berani kami untuk keliling, apalagi belum ada petunjuk dari Tim Satgas Covid-19, jika sudah ada, nanti kami tidak akan langsung ke sekolah-sekolah, tetapi di daerah terdekat saja,” katanya.

Dikatakan Masuni, ketika sudah ada petunjuk diperbolehkan, layanan perpustakaan keliling akan diprioritaskan di Taman Bunga. Yaitu lokasi yang sejak awal ditentukan dengan tujuan memfasilitasi warga yang ingin membaca.

Dia menambahkan, meski berbagai lembaga pendidikan sudah mulai menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM), pihaknya belum melanjutkan program perpustakaan keliling.

Masih menurut Masuni, selama ini pemerintah daerah telah berupaya memudahkan masyarakat untuk mendapatkan buku bacaan, yakni dengan adanya program perpustakaan digital.

“Yang jadi prioritas sekolah yang sudah MoU dengan kami, yakni sekitar 90 lebih sekolah,” imbuhnya.

Bahkan menurutnya, separuh sekolah belum mengembalikan buku, tepatnya belum dijemput, sehingga jika buku-buku tersebut hilang maupun rusak, maka sekolah yang bersangkutan harus bertanggung jawab atau menggantinya. (ara/maf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *