oleh

Covid-19 Mulai Infeksi Bidan Desa di Pamekasan, IBI Minta Keterbatasan Alkes Dipenuhi

Kabarmadura.id/Pamekasan–Kasus penderita Covid-19 di Kabupaten Pamekasan terus bertambah. Kali ini menimpa salah satu bidan desa berinisial N. Dikabarkan,bidan tersebut terinfeksi Covid-19 setelah melakukan perjalanan dari Jogjakarta.

Disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Rumah Sakit Umum Daerah dr H. Slamet Martodrdjo (RSUD SMart) Pamekasan Syaiful Hidayat,bidan tersebut saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumahnya dan sementara waktu belum membuka praktik.

Berdasar informasi dari Syaiful, proses pelacakan sudah dilakukan dan hasil dari pelacakan itu anak beserta suaminya dinyatakan bersih dari Covid-19. Namun yang bersangkutan harus tetap menjalani isolasi hingga hasil swab menyatakan bersih dari Covid-19.

“Dia tidak dirawat di rumah sakit. Tapi sedang dalam pengawasan puskesmas,” ucapnya, Senin (6/7/2020).

Sementara itu, Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pamekasan Siti Maimunah membenarkan kabar tersebut. Namun pihaknya mengaku telah berusaha keras bagaimana anggotanya bisa terjamin kesehatannya dan terhindar dari wabah Covid-19.

Dia mengakui, pihaknya mengalami keterbatasan sejumlah sarana dan prasarana. Namun pihaknya telah mengusulkan agar alat kesehatan (alkes) berupaalat pelindung diri (APD) terpenuhi untuk para bidan. Sehingga tidak ada lagi kasus serupa.

“Dengan keterbatasan APD dan sarana deteksi pasien Covid-19 sudah direncanakan dalam pengusulan pertolongan persalinan satu atap di puskesmas dan rujukan dengan pasien terindikasi terpapar Covid-19,” ulasnya.

Dia memastikan, pihaknya telah optimal dalam melakukan pemantauan dan edukasi pada anggotanya perihal kesiapan dalam memberikan pelayanan selama wabah Covid-19. Hal itu dilakukan agar para bidan terhindar dari wabah Covid-19.

Kendati begitu, Maimunah menyampaikan, yang bersangkutan saat ini sedang dalam kondisi baik dan tidak mengalami gejala serius. Sehingga dia tergolong ringan dan menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Dengan begitu dia menjalani perawatan rawat jalan.

“Tapi IBI selalu memantau anggota dan juga kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan selama masa pandemi. Tapi Alhamdulillah sementara yang bersangkutan dalam kondisi baik,” tukasnya. (ali/pin)

 

Komentar

News Feed