Covid-19 Sebabkan Perlombaan di HUT RI Terlarang

  • Whatsapp
(FOTO: KM/MOH RAZIN) DILARANG: Kegiatan lomba untuk semarakkan HUT RI tahun ini menjadi kegiatan terlarang karena rawan mengundang kerumunan massa.

KABARMADURA.ID, SUMENEP – Semarak perlombaan yang biasa digelar menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) RI 17 Agustus, tahun ini dipastikan menjadi kegiatan yang dilarang. Warga yang biasanya menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI dengan aneka lomba, tidak dibolehkan melaksanakan di tahun ini.

Hal itu, jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Edi Rasiadi, sudah berdasar surat edaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang melarang berbagai kegiatan massa yang berkerumun dan atau mengundang kerumunan massa.

Edi Rasiyadi mengatakan, berdasar edaran dari pemerintah Jawa Timur (Jatim), yang boleh dilaksanakan hanya upacara. Itu pun untuk ada teknis tersendiri.

”Beragam perlombaan mulai tingkat kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan desa-desa dilarang. Tidak diperbolehkan. Pada tanggal 17 nanti ada upacara, ada renungan malam, pejabat yang ikut upacara tidak boleh ikut perenungan,” ujar Edi, sapaan akrabnya. Kamis (5/8/2021).

Dia menyampaikan, setiap perlombaan menyambut perayaan HUT RI biasanya mendatangkan banyak orang. Karena suasana Covid-19. Apalagi kondisi di Sumenep kasusnya naik turun.

Sebagai bentuk pengawasan, pihaknya akan mendesak agar seluruh tatanan pemerintah terutama forum koordinasi pimpinan kecamatan (Forkopimcam) siaga dan aktif melakukan edukasi dan penertiban.

“Kami perintah dari kecamatan agar bisa mengawal, tidak boleh ada perlombaan dan tidak boleh sampai ada kerumunan,” imbuhnya.

Edi juga menghimbau agar seluruh organisasi kepemerintahan dapat memasang bendera merah putih dari tanggal 1 sampai 30 Agustus. Hal itu sebagai bentuk penghormatan pada para pejuang. (ara/bri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *