oleh

Covid-19, Siswa Wajib Lulus Semua

Kabarmadura.id/Bangkalan-Penegasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim bahwa sekolah dibebaskan menerapkan capaian kurikulum selama wabah Covid-19, dimana pihak sekolah dimudahkan untuk siswanya naik kelas dan lulus sekolah.

“Di tengah Covid-19 ini, semua siswa harus naik kelas serta lulus,” ucap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Bambang Budi Mustika, Kamis (13/8/2020).

Dengan adanya penegasan kebijakan dari Kemendikbud itu mengacu pada kondisi darurat. Sehingga peserta didik meski tidak memahami terkait pembelajaran tetap dimudahkan naik kelas.
“Dulu kalau anak kelas satu harus bisa berhitung akan tetapi saat ini walaupun tidak bisa berhitung tetap harus naik kelas ” terangnya.

Bambang menambahkan, dengan kebijakan itu tentu tidak ada kesengajaan lantaran siswa bisa lulus semua. Bahkan kebijakan itu dinilai membantu terhadap sisiwa.

“Tingkat kepintaran siswa mestinya akan adakan kurikulum lagi, untuk memacu pembelajaran yang tertinggal,” ujarnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa setelah kondisi darurat ini selesai akan diadakan perubahan kurikulum untuk membantu dan meningkatkan kapasitas siswa.”Nanti setelah Covid-19 saya yakin akan ada perubahan kurikulum, untuk meningkatkan kualitas siswa” jelasnya.

Sementara itu dengan kurikulum yang telah diluncurkan oleh Kemendikbud setiap sekolah berhak memilih ketiga kurikulum.” Sekolah berhak memilih, sudah saya sampaikan di sejumlah sekolah agar bisa memilih kurikulum tersebut, tergantung kemampuan sekolah tersebut,” paparnya.

Sementara itu salah satu guru SD di Kabupaten Bangkalan Ainur Rofik menuturkan, dengan adanya kebijakan siswa dimudahkan naik kelas atau lulus sekolah perlu adanya pertimbangan dari lembaga sekolah. Sebab, tidak semua kebijakan itu bisa diterpakan di semua sekolah.

”Pada prinsipnya kami mengapresiasi kebijakan ini, namun kami juga ada pertimbangan, jadi tidak semua langsung diluluskan,” tukasnya, (sae/mam).

Komentar

News Feed