oleh

CPNS Lolos SKB Diminta Tidak Risau, Belum Ada Kepastian Jadwal Tesnya

Kabarmadura.id/Pamekasan-Setelah 706 orang peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan belum bisa memastikan seleksi lanjutannya. Mereka seharusnya berlanjut mengikuti tes kompetensi bidang (SKB). Namun pelaksanaannya belum dijadwalkan secara resmi.

Sebelumnya sempat direncanakan dilaksanakan pada awal April bulan ini. Bahkan, kelanjutan pelaksanaan tes tersebut juga belum diketahui kapan akan dilaksanakan.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pamekasan Suharto mengatakan, lolosnya 706 CPNS  untuk mengikuti SKB, berdasarkan surat nomor; 881.1/517/432.403.

“Sampai sekarang belum ada edaran berkenaan dengan tes SKB, kata kepala BKN tetap akan digelar, infonya sepertinya masih menunggu bukan Juli, namun untuk info selanjutnya menunggu dari panselnas,” tuturnya saat dikonfirmasi oleh Kabar Madura, Senin (20/4/2020).

Suharto menambahkan, untuk tingkat pemerintah daerah hanya menyiapkan kebutuhan dalam pelaksanaan tes, tetapi secara teknis tetap berdasar dari petunjuk dari Badan kepegawaian nasional (BKN). Sementara dari segala persiapan, pihaknya mengaku sudah siap jika tes SKB dilaksanakan.

“Secara teknis BKPSD Pamekasan sudah siap, yang hanya pelaksana daerah hanya menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan,”ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, untuk peserta yang sudah dinyatakan lolos tetap akan digelar tes SKB-nya. Karenanya dia meminta agar mereka tidak pesimis meskipun kenyataannya belum ada kejelasan mengenai jadwal pelaksanaannya.

“Pernah disampaikan Kepala BKN untuk pelaksanaan Tes SKB akan tetap digelar, jangan was-was begitu,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dari CPNS 5.742 orang yang lolos seleksi administrasi, 367 peserta tidak hadir pada proses tes SKD, sedangkan untuk formasi yang disediakan oleh BKN khusus Kabupaten Pamekasan sebanuak 450 orang.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pamekasan Hamdi menyampaikan, belum jelasnya pelaksanaan tes SKB pada CPNS tahun 2020, tetap harus disosialisasikan dengan baik. Sehingga masyarakat yang telah dinyatakan lolos SKD tidak kebingungan, kendati sekarang tengah dihadapkan dengan wabah Covid-19.

“Maka sebaiknya BKSPDM Pamekasan memberikan penjelasan pada setiap CPNS yang lolos agar mereka tidak risau, jadi jangan biarkan masyarakat merasa risau gara-gara tidak dilaksanakannya SKB, jadi harapan saya kapan memberikan kejelasan info kepada masyarakat kapan akan dilaksanakan,” pungkasnya. (rul/bri/waw)

 

Komentar

News Feed