oleh

Cuaca Buruk, DBS III Terpaksa Angkut Penumpang hingga Overload

Kabarmadura.id/Sumenep-Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Bahari Sumekar (DBS) III terpaksa mengangkut penumpang melebihi kapasitas atau overload. Kapal milik Pemkab Sumenep sumenep itu, sejatinya hanya berkapasitas 400 penumpang, namun ada tambahan 90 lebih penumpang.

Direktur PT Sumekar Achmad Zainal Arifin mengatakan, menumpuknya penumpang di Kalinget akibat beberapa hari ini, kapal-kapal tidak berlayar lantaran cuaca ekstrim. Utamanya tujuan penumpang ke Kepulauan Sapeken. Dengan menambah muatan itu, saat ini sudah tidak ada penumpukan penumpang kembali di Pelabuhan Kalianget.

“Kapal milik Pemkab Sumenep itu terpaksa mengangkut penumpang melebihi kapasitas,” katanya, Rabu (8/1/2020).

Sebelumnya, calon penumpang kapal sudah menunggu di sekitar pelabuhan sejak satu pekan lalu. Mereka akhirnya terangkut KMP DBS III pada Rabu (8/1/2020) sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kami akan terus melakukan evaluasi dan akan berkordinasi dengan Dishub dan BMKG Sumenep,” paparnya.

Banyaknya penumpang yang tidak mengantongi tiket, operator kapal kembali membuka pendaftaran dadakan di loket. Setelah mendapat tiket, calon penumpang dipersilakan naik ke kapal. Dengan demikian, semua penumpang walaupun melebihi kapasitas dapat teratasi.

“Semoga ke depan cuaca tidak memburuk,” ujarnya.

Zainal mengatakan, meskipun overload, sudah dipertimbangkan. Kapal sengaja tidak mengangkut kendaraan. Area yang biasa digunakan untuk kendaraan, juga dijadikan tempat penumpang.

Sebelumnya, Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengungkapkan, banyak penumpang menumpuk di pelabuhan karena keterbatasan armada. KMP DBS III diharapkan menjadi solusi terbaik bagi para penumpang. Dengan demikian, masyarakat bisa merasa terlayani dan bisa mempercepat perjalanan sampai tujuan.

“Kami harapkan, kedapan dapat mengevaluasi, jika nantinya terdapat penumpang yang tidak dapat bagian kapal kembali,” pungkasnya. (imd/waw)

Komentar

News Feed