oleh

Cuaca Buruk, PMI Bangkalan Siagakan 11.896 Kantong Darah

Kabarmadura.id/Bangkalan-Berdasarkan Rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang akan berlangsung sampai bulan Februari 2020 mendatang.

Pemberitahuan tersebut  membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan bersiap siaga. Begitu juga dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bangkalan. Mereka juga siap siaga dengan kondisi yang terjadi di Bangkalan, dari mobil ambulan hingga stok darah.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Bangkalan, dr. Fachrur Rozi MM menyampaikan, pihaknya siap 24 jam untuk melayani dan membatu masyarakat yang membutuhkan darah yang telah  disediakan di kantor PMI di Bangkalan

“Kami tidak  pernah teledor. Kami selalu siap siaga dalam waktu  24 jam, walaupun ada bencana atau tidak, bencana kami  selalu stand by terus di kantor,” ungkapnya, Senin (6/1/2020).

Dr Fachir Rozi juga menekankan kepada semua staf yang bertugas di kantornya, untuk tidak pernah mematikan HP. Menurutnya, handphone menjadi salah satu alat komunikasi orang yang membutuhkan darah dan memastikan darah yang telah di butuhkan ada atau tidak sehingga jika HP mati berarti melanggar sumpah yang telah di ikrarkan bersama.

“Kalau satu kali gak diangkat, saya potong gajinya. Jika tiga kali saya copot dari sini. Karena kami harus stay 24 jam dan selalu siaga terhadap kebutuhan masyarakat karena darah salah satu sumber kehidupan bagi tubuh manusia. Kami sudah bentuk kordinator-kordinatornya. Dari tim mobil unit kami bentuk 4 tim dan tim golongan darah ada 4 tim, 6  tim mobil unit instansi,” imbuhnya.

Sementara terkait ketersediaan dara, kepala UTD menyampaikan  Bahwa ada peningkatan 2017 kantong darah serta empat mobil ambulan yang selalu siaga di kantor UTD PMI Bangkalan.

“Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan. Jumlah  keseluruhan untuk ketersediaan darah kami ada 11.896 kantong,” pungkasnya. (km50/pai)

Komentar

News Feed