oleh

Curhat Pemain Multiposisi Madura United Pernah Merumput di Eropa

Kabarmadura.id-Madura United memiliki pemain yang serba bisa, yakni Alfin Tuasalamony. Dia dapat berperan sebagai fullback, gelandang, winger, dan sebagainya.

Tak heran, Manajer Madura United Rahmad Darmawan tengah memproyeksikan Alfin sebagai gelandang serang, meskipun di Indonesia lebih sering diplot sebagai fullback.

Selain memiliki kemampuan multiposisi, mantan pemain Persija Jakarta itu pernah merumput di Eropa, yakni Belgia bersama CS Vice. Bagusnya, dia merumput di luar negeri di usianya baru 20 tahun. Di klub tersebut, Alfin selalu menjadi pilihan utama.

Selain di Belgia, Alfin sejatinya meniti karir sepak bola di Uruguay. Dia masuk dalam Sociedad Anonima Deportiva (SAD) Uruguay.

Berpengalaman berkarir di luar negeri, Alfin menceritakan, pembinaan usia dini di Uruguay dan Belgia cukup bagus. Selain itu, pemain berusia 20 tahun sejatinya sudah sering mendapatkan menit bermain guna menguatkan mental bertandingnya.

“Pembinaan usia dini sangat bagus. Itu sejak dini sudah dibidik. Usia 20 tahun itu, sudah main di klub profesional, sehingga mentalnya sudah terasah. Kematangannya juga tertempa dengan baik. Programnya juga jangka panjang,” tuturnya kepada Kabar Madura, Rabu (23/8/2020).

Lebih lanjut, Alfin juga menceritakan, sejatinya di dua negara yang pernah disambangi itu sangat peduli terhadap pemain yang cedera.

Pemain berusia 28 tahun itu mencontohkan, ketika dirinya sedikit kurang fit biasanya diminta untuk tidak ikut latihan, melainkan istirahat. Saat sudah pulih 100 persen, baru diberi izin untuk latihan.

“Kalau dipikir-pikir benar juga, seandainya tidak 100 persen fit, konsentrasi tidak akan maksimal latihan atau main tidak maksimal. Tapi kalau kondisi maksimal, baru bisa memberikan yang maksimal,” tutupnya. (idy/nam)

Komentar

News Feed