DAK 2022, Disdik Bangkalan Fokus Rehab Rumdin dan RKB

  • Whatsapp
(FOTO: KM/IST) Kabid SD Disdik Bangkalan: Dewi Ega Oktaviani.

KABARMADURA.ID, BANGKALAN – Pengajuan perbaikan dan pembangunan rumah dinas di setiap sekolah dasar (SD) di Bangkalan, akan diajukan tahun 2022 mendatang. Sedikitnya, sekitar 3 hingga 5 sekolah dari jumlah total 648 SD yang hanya memiliki rumah dinas (rumdin).  Hal ini diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Dewi Ega Oktaviani, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya,  terdapat dua program yang nantinya akan diajukan. Pertama, pembangunan rumdin dan ruang kelas baru (RKB). Sedangkan, sumber anggarannya pada dana alokasi khusus (DAK) 2022. “Jadi fokus kami pada dua program itu. Untuk rumdinya ini memang belum banyak,” ujarnya.

Pihaknya mengakui, pada dasarnya kebutuhan fasilitas lain masih banyak yang belum terpenuhi, seperti laboratorium, perpustakaan dan musala. Padahal, ruangan seperti itu dinilai sangat dibutuhkan. “Setiap sekolah memang tidak merata, tapi semuanya masih kurang,” jelasnya.

Bahkan, saat ini telah melakukan langkah konkrit untuk menyikapi setiap SD yang membutuhkan rehabilitasi dengan pengajuan untuk anggaran DAK tahun 2022. “DAK 2022 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hanya fokus di rumdin dan RKB. Rehab itu, sudah ada di Kementerian PUPR,”paparnya.

Sementara itu, salah satu Kepala Sekolah (Kepsek) di Kecamatan Konang Bangkalan Muslimin merasa keberatan dengan kebijakan alokasi DAK 2022. Sebab, daerahnya merupakan daerah kekeringan. “Sekolah kami ini, berada di daerah yang rawan kekeringan, jadi kami ingin mengajukan pengadaan penampungan air,” paparnya.

Menurutnya, sebagian besar sekolah belum membutuhkan rumdin. Sebab, masih banyak yang belum memiliki toilet, dan perpustakaan. Sehingga, jika tahun depan tidak ada anggaran untuk beberapa fasilitas tersebut, tentu harus menunggu lebih lama. “Banyak sekolah yang belum menginginkan rumdin, tapi kalau sudah begini kebijakannya, mau bagaimana lagi,” responnya. (hel/ito)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *