oleh

DAK SD di Bangkalan Tembus Rp14 Miliar

KABARMADURA.ID, BANGKALAN -Demi meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengalokasikan  Rp14 miliar dana alokasi khusus (DAK) tahun 2021. Dana  tersebut, akan dipergunakan untuk pembangunan dan rehab sekolah dasar (SD) dengan pekerjaan kontraktual.

Kepala Bidang (Kabid) Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan Dewi Ega menyampaikan, Rp14 miliar anggaran itu akan direalisasikan terhadap 34 lembaga untuk rehab bangunan. Sedangkan, saat ini masih tahap perencanaan yang diagendakan selama sebulan atau 30 hari.

“Sekarang masih tahap perencanaan setelah perencanaan selama 30 hari selesai, baru nanti ke tahap lelang, akan tetapi kami optimis dengan bekerja secara maksimal, maka dari itu, untuk bulan depan insyaallah sudah ke tahap lelang, setelah diketahui siapa pemenang lelangnya baru ke tahap pekerjaan,” ujarnya, Selasa (4/5/2021)

Pihaknya meminta agar para pemilik CV yang ingin memperoleh pekerjaan harus mengikuti lelang di unit layanan pengadaan (ULP). Sebab, Disdik tidak ikut campur untuk urusan lelang atau untuk penentuan pemenang di lelang. Sebab, sudah ada panitia lelang yang menilai kelayakan setiap CV.  yang ada di ULP

“Kami tidak ikut campur masalah lelangnya. Akan tetapi, kami punya fungsi pengawasan di pekerjaan. Karena, kalau sekarang di kontraktualkan bukan diswakelolakan, kalau dulu swakelola penanggung jawab itu kepala sekolah (kepsek), sementara untuk sekarang penanggung jawabnya pemilik CV,” jelasnya.

Dewi Eva menambahkan, untuk masa pekerjaan bagi CV  selama 90 hari hingga 150 hari. Ia berharap, pemenang lelang agar nantinya dikerjakan sesuai dengan rancangan anggaran biaya (RAB). “Apabila nanti pekerjaan tidak selesai dengan jadwal yang sudah ditentukan, maka pemilik CV akan dikenakan denda. Semoga pekerjaannya sesuai dengan harapan,” tukasnya. (iron/ito)

DAK SD di Dinas Pendidikan Bangkalan

  • Rp14 miliar
  • Bersifat kontraktual
  • Terdapat 34 sekolah penerima
  • Untuk pembangunan dan rehab sekolah
  • Saat ini masih tahap perencanaan dengan batas waktu selama 30 hari

 

Komentar

News Feed