Dalam Harlah NU ke-99 Bupati Sampang Berharap NU Eksis di Kota Bahari

(FOTO: KM/FATHOR RAHMAN) KOMITMEN: Ribuan kader NU se- Jawa Timur mengikuti tajdidul baiat oleh Ketua PWNU Jatim KH. Marzuki Mustamar di Kecamatan Pangarengan, Sampang.

KABARMADURA.ID | SAMPANG, PANGARENGAN Apel akbar dalam rangka memerpingati hari lahir (halrah) Nahdlatul Ulama (NU) ke-99 se- Jawa Timur berlangsung khidmat. Acara itu digelar di lapangan Mitra Kencana Kecamatan Pangarengan, Rabu (16/02/2022).

Apel yang diikuti oleh lebih dari 5.000 kader itu dihadiri Bupati Sampang H. Slamet Junaidi beserta wakilnya H. Abdullah Hidayat. Apel dipimpin oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar. Pada kesempatan itu, dia memberikan tajdidul bai’at kepada ribuan kader NU.

Pimpinan Pondok Pesantren Sabiilul Rosyad, Malang itu menekankan seluruh kader NU untuk mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan para ulama sampai mati. Saat itu pula ribuan kader NU berkomitmen mencintai ulama dan para kiyai NU.

Bacaan Lainnya

“Kami sebagai kader NU, pengurus NU bersumpah tetap mencintai, menjaga NKRI sampai mati. Kami warga NU merupakan islam Ahlusunnah waljamaah, ” ucap KH. Marzuki Mushamar saat membimbing kader NU dalam bai’at.

Kiyai 56 tahun itu menegaskan, NU adalah Islam dan tidak ada kafirnya. Kalau ada ucapan bahwa Ansor, Banser dan NU dianggap cabang nasrani, maka semua itu tidak benar.

“Kalau ada itu hanya guyonan. Kami bersumpah NU adalah Islam. Karena hingga kini NU tunduk pada Al-Quran, Al-hadist, Qiyas dan Ijma’. Artinya NU Islam Ahlussunnah wal Jamaah,” tegasnya.

Setelah lima ribu kader itu penggerak NU dibai’at, bendera NU berukuran raksasa dibentangkan di tengah lapangan. Pembentangan bendera itu diiringi lagu Syubbanul Wathan.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengapresiasi pergelaran harlah NU ke-99. Menurutnya, apel akbar kader NU se-Jawa Timur itu harus menjadi catatan sejarah, bahwa Sampang menjadi saksi eksistensi NU menuju satu abad.

Orang nomor satu di Kota Bahari itu mengatakan, NU harus tetap eksi, terutama di Sampang. Bahkan dia berharap, NU bisa bersinergi dengan pemerintah kabupaten untuk kemajuan Sampang.

“Kami bangga, karena kami bagian dari NU. Saya selaku bupati mengucapkan selamat harlah ke-99 NU. Semoga NU terus berkembang dan seluruh kadernya solid, ” ungkap pria yang akrab dipanggil Aba Idi itu..

Reporter : Fathor Rahman

Redaktur: Ali Wafa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.