Dalam Kurun Dua Bulan, Siswa asal Pulau Kangean Sabet Tiga Medali Tingkat Nasional

(Moh.Anwar for KM) Mohammad Anwar: Siswa SMA Muhammadiyah 1 Sumenep

KABARMADURA.ID | Tidak tanggung-tanggung, selama kurun waktu dua bulan, tiga medali kejuaraan tingkat Nasional berhasil disabet oleh remaja satu ini. Dia adalah Moh. Anwar, siswa SMA Muhammadiyah 1 Sumenep.

IMAM MAHDI, SUMENEP

            Beberapa prestasi yang diraihnya yaitu Juara 3 Olimpiade Kimia Tingkat Nasional (OKTN) pada 20 Maret 2022. Dari capaiannya tersebut, ia mendapatkan medali perunggu. Kemudian, pada 3 April 2022, ia kembali meraih juara 3 (medali perunggu) dalam Olimpiade Pendidikan Agama Islam Tingkat Nasional.

Terakhir, ia berhasil meraih juara 1 (medali emas) dalam National Islamic Competition pada 16 April 2022. Pria asal Desa Sawah Sumur Kecamatan Arjasa (Pulau Kangean) itu mengaku memiliki tips belajar sebelum mengikuti beragam kompetisi tersebut. Di antaranya, meluangkan waktu 10 menit di luar sekolah untuk belajar.

Ia meyakini bahwa tidak ada prestasi bisa dicapai dengan cara instan. Menurutnya, keistikamahan dalam belajar menjadi salah satu kunci kesuksesan seseorang dalam menuntut ilmu atau dalam mengikuti berbagai kompetisi.

“Prinsip hidup saya selain istikamah; yakni selalu berupaya rendah hati, selalu berusaha, sabar menghadapi segala masalah, berbuat baik semaksimal mungkin, serta taat terhadap perintah Allah,” katanya, Kamis (12/5/2022).

Tidak hanya itu, ia juga bercerita bahwa dirinya bersalah dari keluarga yang kurang mampu. Sebab itu, ia memiliki tekad kuat untuk tidak membebani kedua orang tua dalam proses belajarnya. Terbukti, dari usahanya berbuah manis, ia mendapatkan beasiswa dari Panti Asuhan Muhammadiyah Sumenep. “Dari itu saya belajar tanpa henti, dan bersyukur hingga dapat menyabet juara,” ulasnya.

Sebelumnya, ia mengaku awal mula mengikuti lomba sebab diajak temannya. Kemudian, ia gencar mencari informasi mengenai lomba-lomba lewat Instagram. Beberapa lomba yang sempat diikutinya yaitu mapel Biologi, Matematika, Sejarah, dan lain sebagainya.

“Saya pribadi dan keluarga saya sangat senang, serta saya sangat berterima kasih kepada teman-teman, guru, terlebih ustad saya di panti yang selalu mendukung saya,” bebernya.

Usahanya ternyata tidak sia-sia. Dalam rentang Maret-April 2022 ia menggondol tiga medali sekaligus dari berbagai macam kejuaraan tingkat nasional. Ia mengaku, keberhasilannya tersebut berkat dukungan semua pihak dan terutama doa dari kedua orangtuanya.

 

Redaktur: Muhammad Aufal Fresky

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.