Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Profesi Guru

  • Whatsapp

Virus Corona atau COVID-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berhubungan dengan penyebab SARS dan MERS yang sempat merebak beberapa tahun lalu. Penyebab Virus Corona Sampai saat ini belum diketahui penyebab dari virus Corona, tetapi diketahui virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu menjangkit dari satu spesies ke spesies lainnya, termasuk manusia. Diketahui virus Corona berasal dari Kota Wuhan di China dan muncul pada Desember 2019.

Bahaya Virus Corona Berdasarkan penelitian, bahaya virus Corona bisa menyebabkan kematian. Bahkan, pasien yang terinfeksi dan sembuh akan mengalami kerusakan permanen pada paru-paru dan antibodi. Gejala Virus Corona Virus Corona muncul dengan beberapa gejala yang berbeda-beda pada tubuh pasiennya. Namun, secara umum, gejala virus Corona adalah flu, demam, batuk, hingga sesak napas. Penyembuhan Virus Corona Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk mengobati virus Corona. Namun, tercatat ada beberapa orang yang telah sembuh dari virus Corona setelah menjalani isolasi serta perawatan di rumah sakit.

Dampak dari pendemi covid-19 terhadap profesi dan trilogi guru pada kegiatannya seorang guru yaitu a) guru tidak akan menjelalankan profesi sebagai guru dengan efisien mengapa? Yaa karena sistem pembelajarannya akan beralih kepada android/situs internet dan tugas dan fungsi guru akan tidak sesuai dengan peraturan keguruan dan sistem belajarnya pun akan online belum tentu juga murid mengerti akan materi karena dalam kegiatan pembelajaran murid hanya diberi tugas saja dan guru hanya menerima tugas anak-anak tersebut dan menilai kemampuan anak-anak didiknya. Dari kegiatan pembelajaran yang serba online ini menurut saya kurang efektif dibandingkan pembelajaran disekolah seperti biasa karena murid bisa bertanya langsung dan mengerti akan materi pembelajaran yang diberikan oleh gurunya seang online belum tentu murid mengerti akan materinya akan tetapi disini guru langsung memberikan suatu pekerjaan atau tugas kepada muridnya. Jadi, dari kegiatan profesi guru pada dampak covid-19 ini menjadi kurang efektif dan kurang profesional dalam profesi guru karena pasti guru tersebut juga akan mempunyai kegiatan-kegiatan yang berada dirumahnya seperti bersih-bersih,masak dls.

Menurut saya ada beberapa dampak positif dan negatif bagi profesi guru karena adanya covid-19 ini: Dampak positif 1. Guru tersebut tidak akan lelah-lelah mengajar disekolah 2. Guru tersebut tidak akan mengeluarkan uang bensin untuk kesekolah 3. Guru tersebut tidak selalu memikirkan pekerjan karena gurunya selalu dirumah(memikirkan keluarga) 4. Guru terbut masih bisa mengajar lewat media online. Dampak negatif 1. Guru tersebut tidak bisa melihat secara langsung keaktifan dan sejauh mana ilmu yang muridnya miliki 2. Guru tersebut hanya memberikan tugas saja tidak dengan pemberian penjelasan materi 3. Guru tersebut bisa jadi tidak menjadi guru sesuai kriteria guru profesional.

Dampak pandemi corona kini mulai merambah dunia pendidikan, pemerintah pusat hingga daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan. Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah meluasnya penularan virus corona. Diharapakan dengan seluruh lembaga pendidikan tidak melaksanakan aktivitas seperti biasanya, hal ini dapat meminimalisir menyebarnya penyakit covid 19 ini. Hal serupa juga sudah dilakukan oleh berbagai negara yang terpapar penyakit covid 19 ini, kebijakan lockdown atau karantina dilakukan sebagai upaya mengurangi interaksi banyak orang yang dapat memberi akses pada penyebaran virus corona.

 

Oleh: Faghoid

(Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah IAIN Madura)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *