oleh

Dana PEN untuk Kabupaten Pamekasan Mencapai Rp150 Miliar

KABARMADURA.ID, Pamekasan –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan mendapatkan jatah dana pemulihan ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah pusat. Besaran dana itu  mencapai Rp150 miliar. Namun, untuk penanggung jawab  pengelolaan anggaran miliaran rupiah itu, bertumpu di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pamekasan, Taufiqurrahman, mengatakan besaran dana PEN Rp150 juta, rinciannya Rp130 miliar untuk pemeliharaan dan perbaikan jalan. Anggaran tersebut berada di PUPR. Sebesar Rp7 miliar dikelola Dinas Perhubungan (Dishub). Selanjutnya, Rp15 miliar berada di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Untuk diketahui PEN merupakan dana pinjaman dari pemerintah pusat tanpa bunga yang peruntukannya, sebagai dana pemulihan ekonomi di masa covid-19. Komitmen  pinjamannya Rp150 juta, jadi berapapun yang diserap itu, nanti akan dipinjamkan, jadi kami berusaha semaksimal mungkin agar semua tercover,” ungkapnya, Senin (9/10/2020).

Dia menjelaskan, jika dana PEN yang sudah diperuntukan untuk berbagai keperluan pembangunan daerah tidak terserap seratus persen, sesuai dengan komitmen yang ada, maka dana pinjaman yang diberikan disesuaikan dengan berbagai program yang terserap.

“Pencairannya ada 3 tahap, tahap pertama ketika RAB-nya sudah selesai kami anfrah, habis terserap 75 persen kami mengajukan lagi, jadi kalau pengerjaannya tidak selesai tidak dikirim oleh pusat, kami hanya pinjam uang yang masuk ke Kasda yang dipinjam itu, ” urainya.

Pihaknya optimis, untuk serapan dari dana PEN Rp150 miliar bisa terserap seratus persen, dari total perencanaannya. Sebab pihaknya sudah komitmen untuk menyelesaikannya. “Kalau secara hitung-hitungan teknisnya bisa direalisasikan dengan baik,” optimisnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, berharap untuk penggunaan dana PEN digunakan sebaik mungkin. Sehingga pemanfaatannya jelas untuk kepentingan masyarakat. “Kami harapkan untuk pengerjaan dana PEN bisa dikerjakan sebaik mungkin,” responnya. (rul/ito)

Komentar

News Feed