oleh

Dana Pilkada 2024 Tembus Rp100 Miliar

Kabarmadura.id/SUMENEP-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep menyetujui rancangan peraturan daerah (raperda) pembentukan dana cadangan pemilihan bupati (pilbup) dan wakil bupati (Wabup) tahun 2024. Anggarannya, cukup fantastis yakni mencapai, Rp100 miliar. Hal ini diungkapkan juru bicara (jubir) Pansus 1, Juhari, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, dana cadangan tidak sekaligus langsung dianggarkan. Akan tetapi, direalisasikan secara bertahap setiap tahun. Sebab, pembahasan tersebut tidak langsung disetujui oleh anggota pansus. Namun, masih ada pembahasan atau masukan yang menyatakan tidak harus terbahas di tahun 2020.

“Anggota Pansus I saudara Abu Hasan mengatakan tidak setuju, dana cadangan dibahas tahun 2020. Dia mengusulkan tahun 2021 bisa dibahas. Karena ditolak pendapatnya, akhirnya lock out ,” ujarnya.

Dia berharap, dana cadangan tidak disia-siakan. Namun, dapat dimanfaatkan dengan baik. Sehingga, pada tahun 2024, pilkada bisa berjalan sesuai harapan. Menurutnya, secara umum DPRD menyetujui dan sudah ditandatangani pada Senin (28/12/2020). “Semoga tidak sia-sia,” harapnya.

Dikatakan, hasil dari Fasilitasi terhadap raperda pembentukan dana cadangan pilkada tahun 2024, berdasarkan hukum angka 17, sehingga dilengkapi nomor berita Negaranya. Yakni pada Pasal 10 diubah menjadi 2 (dua) ayat. Pertama mengakomodir Pasal 72 ayat (6) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Kedua mengatur materi dalam hal terdapat sisa dalam penggunaan dana cadangan. Kemudian penyempurnaan lain yang bersifat redaksional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Rudi Yuyianto, membenarkan dana cadangan pilkada untuk tahun 2024 dianggarkan Rp100 miliar dan sudah disetujui. “Ya, benar dana cadangan Pilkada di Sumenep disetujui. Tetapi dengan cara pencairannya secara bertahap,” responnya. (imd/ito)

Komentar

News Feed