Dana Refocusing Pamekasan Terserap Rp3,8 Miliar

  • Whatsapp
Dokumen

Kabarmadura.id/Pamekasan–Anggaran dana yang disiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan guna menaggulangi wabah Covid-19 rampung dibahas. Bahkan, untuk bulan April sudah terealisasi ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Berdasarkan data dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Pamekasan, terdapat enam OPD yang sudah merealisasikan anggaran dana refocusing. Masing-masing, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebesar Rp10,1 miliar terealiasasi Rp1.4 miliar dengan sisa anggaran Rp8,7 miliar.

Bacaan Lainnya

Dinas Kesehatan (Dinkes) terealisasi Rp849 juta dengan sisa Rp13,6 miliar, Dinas Sosial (Dinsos) sebesar Rp888 juta dengan sisa Rp7,3 miliar, Dinas Perhubungan (Dishub) Rp177 juta dengan sisa Rp974 juta.

Selanjutnya, Satpol PP sebesar Rp307 juta dengan sisa anggaran Rp1,7 miliar dan Dinas Pariwisata sebesar Rp248 juta dengan sisa anggaran sebesar Rp250 juta. Sedangkan, lima OPD lainnya yang juga mendapatkan alokasi dana tersebut belum direalisasikan.

Yakni, RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo, RSUD Waru, Dinas Koperasi, Bagian Kesra dan Palang Merah Indonesia.

“Jumlah keseluruhan OPD yang mendapatkan dana refocusing sebanyak 11 OPD. Ada enam OPD yang sudah direaliasikan dan lima OPD belum,” ujar, Kepala BKD Pamekasan, Sahrul Munir, Senin (4/5).

Menurutnya, realokasi dana penanganan Covid-19 dicairkan setiap bulan kepada setiap OPD dan instanasi yang telah mengajukan. Sedangkan, hingga saat ini, masih terdapat enam OPD yang yang mengajukan dan telah dicairkan.

“Dana tersebut bukan berarti akan langsung habis, jika dana itu masih ada maka pengajuan untuk tahap berikutnya tidak diperlukan, hingga anggaran itu habis, jika sampai Oktober tidak habis, maka syukur berarti dana itu bisa dikembalikan lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Pamekasan H. Maskur Rasid berharap, melalui anggaran refocusing, pemerintah dapat memanfaatkannya dengan baik dan benar untuk kepentingan seluruh masyarakat Pamekasan.

“Saya berharap dana realokasi yang jumlahnya tidak sedikit ini dapat dimanfaatkan betul oleh Pemerintah, untuk masyarakat terdampak Covid 19, bahakan jika perlu optimalkan dari segi pemberian BLT kepada masyarakat terdampak,” tukasnya. (ali/bri/ito/waw)

REALISASI DANA REFOCUSING

OPD ANGGARAN (Rp) REALISASI (Rp) SISA (Rp)
BPBD 10,1 miliar 1.4 miliar 8,7 miliar
Dinkes 14,4 miliar 849 juta 13,6 miliar
Dinsos 8,1 miliar 888 juta 7,3 miliar
Dishub 1,1 miliar 177 juta 974 juta
Satpol PP 2 miliar 307 juta 1,7 miliar
Dinas Pariwisata 498 juta 248 juta 250 juta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *