Dandim 0827 Sumenep Gencarkan Program Tanam Jagung

News73 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP – Komandan Distrik Militer (Dandim) 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sukses melaksanakan panen perdana jagung di lahan pertanian binaan. Yakni, di desa Lenteng Timur, Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep, Senin (30/01/2023). 

Menurutnya, panen perdana jagung merupakan upaya yang dilakukan Kodim 0827/Sumenep dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional. Sebab, persoalan pangan menjadi penentu di tengah situasi global di masa depan. “Untuk itu kami membuat program mengembalikan kejayaan jagung dan sapi Madura di Sumenep” ujarnya kepada Kabar Madura. 

Baca Juga:  Taman Asri Kowel Dilimpahkan ke Dewan Kesenian, Akan Dirancang Jadi Taman Kebudayaan

Pihaknya menuturkan, pertanian jagung dan peternakan sapi Madura merupakan akar budaya masyarakat di Sumenep. Sebagai permulaan program, masih menyasar tiga kecamatan. Masing-masing, Kecamatan Lenteng, Gapura dan Ganding. Rencananya, bulan Februari mendatang program tersebut akan diperluas ke semua wilayah di Kabupaten Sumenep.

“Saat ini sudah kami lakukan, kami menanam jagung lima hektar per minggu, itu nantinya menyuplai pabrik, yang mana pabriknya berada di Kecamatan Kertasada, Insya Allah besok lusa sudah bisa produksi,” tuturnya. 

Sedangkan untuk panen perdana jagung kali ini seluas satu hektar. Nantinya, akan diupayakan panen setiap hari. Diharapkan, kedepan Kabupaten Sumenep mampu menjadi wilayah penghasil jagung yang tidak hanya sebagai konsumsi masyarakat. Namun bisa di ekspor ke luar wilayah dan juga mampu mensejahterakan ekonomi petani

Baca Juga:  Joko Rabsodi, Guru di SMAN 4 Pamekasan yang Gemar Menulis

“Saat ini kami merancang dengan pemda dan Dinas Pertanian (Disperta) serta perusahaan yang menjadi rekanan kami, agar bisa memaksimalkan target capaian,” harapnya. 

Pewarta: Subaidi

Redaktur: Totok Iswanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *