Dari 1.767 Peserta Lolos Passing Grade, Hanya 570 Peserta yang Bisa Ikut Tes SKB

  • Whatsapp
(KM/FA'IN NADOFATUL M.) BERSAING: Pelaksanaan tes SKD CPNS beberapa waktu lalu.

Kabarmadura.id/Bangkalan-Hasil tes Standar Kompetensi Dasar (SKD) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah diumumkan, kemarin (23/3). Dari 5.182 pendaftar, hanya 1.767 peserta yang dinyatakan lolos passing grade. Sementara yang berhak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) sebanyak 570 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA) Bangkalan Ishak Sudibyo mengatakan, meski ada 1.767 peserta yang masuk passing grade, tetapi tidak semua bisa mengikuti SKB. Yang berhak mengikuti adalah 3 besar, sehingga dirangking dan diambil 3 nilai tertinggi. Bahkan ia menerangkan, ada beberapa formasi yang pendaftarnya diatas 500 pelamar. Namun, yang diambil hanya 1 formasi saja.

Masih menurut lelaki yang disapa Yoyok ini, rata-rata yang lolos untuk masuk tahap SKB yang di atas nilai 350. Sedangkan untuk nilai passing grade-nya minimal 271. Yoyok juga menyampaikan, ada formasi di mana peserta tes SKD tidak memenuhi passing grade, yaitu setidaknya 35 formasi yang tidak memenuhi passing grade. Kemudian, ada 12 formasi yang tidak ada pelamarnya.

“Formasi yang pendaftarnya hampir 500 itu kebanyakan dari formasj guru kelas, sedangkan yang diambil hanya 1. Otomatis yang lolos tes SKD dan masuk SKB 3 kali formasi yang dibutuhkan. Artinya 3 tertinggi nilai SKD yang diambil,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDA Novi menyampaikan, untuk pelaksanaan tes SKB kemungkinan akan ditunda. Pasalnya, hal tersebut berdasarkan himbauan dari BKN pusat menanggapi adanya penyebaran covid-19. Sampai kapan penundaan ini, ia belum bisa menjelaskan kepastiannya.

“Kita masih menunggu dari pusat. Awalnya dijadwalkan April, tapi kapan pastinya kita belum bisa memastikan itu. Sebab, lokasi pelaksanaannya nanti juga akan dilakukan di BKN provinsi, bukan kita,” tukasnya. (ina/pai)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *