Dari 324 BUMDes di Sumenep, Hanya Dua yang Dapat Bantuan Keuangan

News114 views

KABARMADURA.ID | SUMENEP-Keberadaan badan usaha milik desa (BUMDes) di Sumenep sudah mendapatkan bantuan keuangan (BK), baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) maupun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep. Namun hingga saat ini, baru dua desa yang sudah menikmati bantuan tersebut. 

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Sumenep Fadholi mengatakan, hingga masuk awal triwulan keempat, BK tersebut  baru cair di dua desa,  sementara terdapat 330 desa di Sumenep. Dari jumlah desa tersebut, terdapat 324 BUMDes yang terbentuk.

“Belum tahu desa-desa mana saja, tetapi sudah ada dua desa, soalnya belum kami cek,” kata dia. 

Baca Juga:  Gelaran Madura Culture Festival 2023 Padukan Pendidikan, Budaya dan Ekonomi 

Alasan tidak cair secara bersamaan memang ada beberapa persyaratan yang belum terpenuhi, seperti harus melengkapi susunan kepengurusan pengelola BUMDesnya. 

“Tapi bakal dimaksimalkan bakal cair bulan ini,” paparnya. 

Fadholi mengaku sudah melakukan beberapa hal untuk kemajuan BUMDes, termasuk pembinaan secara intensif, biasanya pihaknya mendorong dengan bantuan stimulan. 

Hal itu dilakukan agar keberadaan BUMDes tidak hanya  sekadar terbentuk, tetapi  harus mempunyai timbal balik kepada desa, terutama di sektor ekonomi desa. 

“Memang kami aktif melakukan pendampingan ke desa-desa sudah,” imbuhnya. 

Sekadar diketahui, memang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumenep diberikan BK sebesar Rp100 juta kepada empat BUMDes di tahun 2022, sementara dari Pemprov Jatim ada 6 sebesar Rp75 juta. 

Baca Juga:  Belasan Kios Pupuk di Pamekasan Abaikan Administrasi

BK yang bersumber dari APBD Sumenep 2022 diberikan kepada BUMDes yang bergerak di bidang peningkatan wisata seperti di Kebun Dadap Timur, Desa Pagar Batu, Desa Aeng Tong-tong dan Desa Soddara. 

Sementara yang mendapatkan BK Provinsi Jatim dengan masing-masing mendapatkan Rp75 juta di antaranya Desa Kaduara Timur Kecamatan Pragaan, Desa Mandala Kecamatan Rubaru, Desa Kebonagung Kecamatan Kota, Desa Gapura  Timur Kecamatan Gapura, Desa Rombiya Timur Kecamatan Ganding dan Desa Gunggung Kecamatan Batuan. 

Pewarta: Moh. Razin 

Redaktur: Wawan A. Husna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *